RSS

Food Combining

08 Aug

Dari obrolan seputar persiapan pernikahan, beralih ke kehidupan setelahnya..

Berawal dari pola makanku yang mulai berubah sejak tahun lalu, mulai ga makan daging ternak, dan sekarang udah pindah ke rumah di jakarta, kadang2 mulai bosan juga makan sayur2an yang variasi nya ga jauh beda.. akhirnya kami memutuskan untuk mencari buku2 resep untuk vegetarian. memang ada niat untuk menjadi agak vegetarian sih.. cuma belum tau ilmunya.. jadi baru mulai belajar nih ceritanya..

meski sekarang resto vegetarian juga udah ga aneh lagi, tapi masih banyak aja orang yang heran bertanya akan kebiasaan ku yang ga makan daging merah itu, seringnya beranggapan diet karena mungkin takut gemuk, emang agak sulit menjelaskannya, hehe,, but im keep on trying to be a demi-vegetarian (pelaku vegetarian yang pantang makan daging ternak dan daging unggas).

akhirnya kami menemukan buku “105 resep sedap vegetarian – Food Combining – makan enak untuk langsing dan sehat”. yups itu dia yang kami cari! akhirnya dibeli lah buku itu, dan setelah membacanya, aku pribadi sih sangat setuju dengan penjabarannya karena cukup rasional dan ilmiah, dan kami berdua memutuskan untuk mengikuti pola makan sehat ala food combining (selanjutnya disingkat FC).

FC sendiri dibagi 2 yaitu FC dan FC Vegetarian. Vegetarian sebenarnya merupakan bagian dari menu nabati dalam FC, atau bisa juga dikatakan kalau FC itu sebenarnya 2/3 vegetarian karena pelaku FC hanya menyantap menu hewani sekali dalam sehari (biasanya siang hari), selain itu mengonsumsi makanan nabati.

menu dasar dalam FC dan FC vegetarian:

menu FC
makan pagi: buah
kudapan pagi: buah
makan siang: menu protein (daging/ayam/ikan/hasil laut; sayuran; tempe-tahu)
kudapan sore: sayur/buah/pati
makan malam: menu pati (nasi beras merah; lauk nabati; sayuran)

menu FC vegetarian
makan pagi: buah
kudapan pagi: buah
makan siang: menu protein (telur/keju/yoghurt; sayuran; tempe-tahu) atau menu pati (nasi beras merah; lauk nabati; sayuran)
kudapan sore: sayur/buah/pati
makan malam: menu pati (nasi beras merah; lauk nabati; sayuran)

prinsip dasar FC sendiri dirancang berdasarkan siklus metabolisme tubuh:
pukul 04.00-12.00 siklus pembuangan makanan
pukul 12.00-21.00 siklus pencernaan makanan
pukul 21.00-04.00 siklus penyerapan sari makanan dan asimilasi

ada banyak kombinasi yang boleh dan tidak disarankan, misalnya berkaitan dengan kondisi asam-basa pencernaan yang diperlukan, serta agar proses pencernaan dan penyerapan zat-zat berlangsung efektif. FC sendiri mengutamakan makanan alami, sehingga makanan nabati olahan/awetan/kalengan/instan tidak dianjurkan, termasuk juga tentu saja MSG, hohoho..

untuk mengetahui lebih lanjut tentang FC ini, selain dari buku, juga bisa buka di web ini: www.foodcombiningways.com.

sekilas tentang pola makan ala FC:

bangun pagi sebaiknya minum segelas air putih yang dibubuhi 2-3 sendok makan air jeruk lemon/nipis untuk membantu proses detoks, merupakan tonikum bagi hati/liver yang sedang bekerja membuang toksin.

makan pagi dan kudapan pagi paling cocok makan buah segar, bisa buah potong, salad buah, jus buah, lassi, atau smoothie. hidangan atau jus buah bisa diperkaya dengan plain yoghurt (tanpa pemanis sintetis, pewarna, dan esens) atau ditambah kacang2an panggang/disangrai seperti kenari, almond, kacang mete, kacang tanah, walnut, hazel nut, brazil nut (lemak sehat mudah dicerna). selain itu juga bisa telur rebus dan omelet, tapi tetap ini harus dikonsumsi terpisah dari buah.

makan siang dan malam, untuk makan siang paling ideal untuk menyantap menu protein hewani dibanding malam, karena kalau makannya waktu malam, kemungkinan makanan tsb sebagian besar belum tercerna sempurna ketika siklus tubuh kita memasuki siklus penyerapan, sehingga yang belum tercerna sempurna itu akan “membusuk” dan akan menjadi toksin. menu hewani dalam FC vegetarian yaitu telur, keju alami, dan plain yoghurt (mudah dicerna). bisa dikombinasi dengan sayuran dan diperkaya tempe tahu. menu pati selain bisa dikombinasi dengan sayuran, juga bisa ditambah polong-polongan secukupnya.
aturan baku FC, konsumsi protein hewani dan pati setiap hari harus diimbangi dengan porsi sayuran sebanyak 3 kalinya, sebagian dikonsumsi mentah, bisa juga dibuat jus sayuran,

kudapan sore paling aman makan sayuran, seperti salad atau sup.

jus sayuran setelah makan, pilih yang rasanya manis. untuk malam menjelang tidur bisa minum teh herba hangat. teh herba ini juga bisa diminum bersama kudapan sore,,, hummmmmm..
untuk jenis2 makanan yang tergolong buah, protein, pati, bisa dibaca di web di atas tadi🙂

 
1 Comment

Posted by on August 8, 2008 in Our Days

 

Tags:

One response to “Food Combining

  1. tiara

    August 14, 2008 at 2:57 pm

    Daging merah padahal kan enak bangets…

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: