RSS

about BO

08 Feb

hi temans, dah berapa lama ya tidak menulis.. kli ini gw akan menulis ttg keadaan kandunganku yg ga tau gmn kelanjutannya.. 

kamis, 05 feb 08

setelah dari sabtu lalu gw ngerasa tidak begitu mengalami gejala2 hamil yg signifikan, perasaan gw mulai bertanya2.. ada apakah dengan kandunganku ini.. harusnya minggu lalu gw cek ke dokter cuman entah kenapa rencana jadi minggu ini.. sejak sabtu itu, feeling gw da ga enak, senin ampe rabu sbnrnya gw pengen ke dokter cuman gw bnr2 ga bs ke dokter karena bbrp hari pulang malem en rabu kaka jg les, akhrnya gw maksain diri buat ke dokter kamis.. ok, gw nyampe di praktek dr. Raditya jm stg 8 malem, setelah daftar trus nimbang en ngukur tensi darah, gw ambil nmr antrian 26!! wew.. waktu itu baru mo nmr 10, so gw balik ke rumah aja,, di rumah gw makan en tidur heuheu,, trus kaka nelp lagi tempat praktek dokter en tny da nmr berapa,, baru nmr 15,, wew, ya da gw mulai mo tidur lagi de,, stg 10 malem akhirnya kaka ngajak ke dokter, sambil ngantuk gw ngikut de, sampe sana….. baru nmr 18 apa 19 gitu,, huheuheue masi lama benerr,, gw ampe sempet nyari makanan lagi en dgn sukses beli nasgor deket tempat praktek dokter, trus makan en nungguu lagi… akhirnya menjelang stg 12 malem gw baru dapet giliran masuk.. :o 

waktu ktemu dokternya en bertanya gmn keadaan gw, gw cuman bilang klo skrg da gt kerasa mual2 dll, trus dokternya cmn senyum2 aja blg klo wah kamu dah mulai menikmati masa kehamilan,, humm gw masi belum excited.. gw masi worry ama feeling gw..

pas usg, bnr aja, dokternya bilang hm.. aneh ya, harusnya umur sgini dah keliatan baby nya en kedengeran detak jantungnya, terus agak lama cari2 di skitar kantung janin gw, tp juga ga ktemu penampakan janin nya,, ya dah de gw pasrah aja..

abis itu konsul lagi ama dokternya dia bilang itu kemungkinan Blighted Ovum atau embio yang tidak berkembang alias kehamilan kosong.. *well gw dah agak curiga blakangan ini gw dah broswing2 ttg BO di inet,, gw agak tidak terlalu terkejut ama penjelasan dokternya.. meski masi berusaha menerima kenyataan itu* menurut dokter itu ga tau penyebab pastinya tapi ada kemungkinan2 yaitu kondisi saaat pembuahan yg kurang bagus en pembelahan kromosom yang ga sempurna sehingga embrio ga berkembang, selain itu jg bisa terjadi karena infeksi misalnya bisa ketauan dari hasil tes torch, selain itu jg bisa terjadi karena kekentalan darah ibunya yang membuat oksigen dan nutrisi ke janin ga tersampaikan dengan baik gt de.. hauh.. trus yah gw tny, jadi gmn dok selanjutnya apakah harus dikuret? dokter bilang ada 2 macem cara bisa dikasi obat biar luruh atau kuret, dia jelasin klo pk obat harus dipantau setelah nya apakah rahim sudah benar2 bersih, klo pk kuret skrg ada metode vakum jadi ga pk metode sendok ama apa gitu ga ngerti de..smacem buat bersihin rahim manual kli, katanya klo mo kuret nanti bikin janji sebelum jam praktek dia, kira2 2 jam an prosesnya trus bisa pulang, katanya ntr dibius lokal en dibuat tidur, trus bisa beraktifitas lagi.. *tetep aja gw serem dengernya, meski gw da pnh ngalamin operasi bius total tetep aja nama kuret bikin gw horor* tp dokternya jg bilang klo mo tunggu seminggu en cek lagi bole untuk memastikan tp harapannya ga besar juga.. dia bilang melihat ukuran kantung janin gw skrg, ada kemungkinan terjadi flek atau pendarahan dalam bbrp hari ke depan,, hik, katanya apabila terjadi flek or gejala pendarahan lgs bisa hub dokter di nmr hp yg ada di kartu pasien, dan apabila terjadi pendarahan hebat tengah malam lgs ke Har-Kit aja ke ruang bersalin, jgn ke UGD karena disana bisa nunggu percuma katanya.. hmm ok, gw akan inget nih en jaga2..dokternya jg pesan buat gw klo mungkin ini berat buat gw karena ini kehamilan pertama gw en harus ngalamin ini, tp jgn khawatir katanya itu bukan berarti ntr susah punya anak, istri dokter itu jg pnh ngalamin en skrg mereka da punya anak 3 en ga sedikit org yg ngalamin BO dalam kehamilannya, hari itu jg ada 2 pasien tmsk saya yg BO, katanya jgn putus asa, byk berdoa, kita lihat lagi mggu depan..🙂

sampe rumah gw kira2 jm 12 kurang, nyaris ga bs tidur gw, kebayang2 klo2 suatu saat terjadi pendarahan or somthng,, karena gw ga akan pernah tau kapan akan terjadi.. hiks.. jadi tiap kli gw mo ke kamar mandi rasanya gw khawatir menemukan hal2 yg ga diinginkan..di tengah gw sedih en khawatir juga bingung untungnya kaka selalu ngasi dukungan buatku klo kita tunggu aja dulu sampe sminggu untuk pastiin keadaan calon baby..tp misalnya takut keburu terjadi pendarahan hebat, apakah ak siap klo kuret? hiks bayangin aja rasanya pengen nangis aja rasanya..kaka cm bilang coba kita sambil tunggu aja dan klo da siap baru ambil keputusan..soalnya dia khawatir klo gw ampe pendarahan mengingat klo gw liat darah takutnya bisa pingsan tiba2 atau anemia parah..

jumat, 06 feb 08

gw masi bingung apakah mending gw tunggu sampe ada tanda2 atau lgs kuret,, gw tny pengalaman mb Dip yg ternyata da pernah ngalamin, katanya pendarahan hebat tengah malem dia sakit banget ky org mo ngelahirin dan pendarahannya bnr2 ngeri diliatnya (gw tmbh takut), bnr2 ga banget katanya dah gitu dia lgs ke Har-Kit en dikuret saat itu juga abis itu sakitnya ilang katanya (kan dikuretnya dibius).. huaa gw frustasi ampe mikir apa lgs kuret aja ya gw takut bayangin pendarahannya blm lagi gw gpg anemia biasanya klo lg dapet.. gw ampe mikir apa sabtu gw kuret aja lgs,,, sblom terjadi apa2.. huhuhu..

hari itu gw kirim email ke milis asiforbaby en sehat, dan hari itu jg gw dapet balasan email dari org2 di milis itu,, ada yg bilang jangan takut dikuret, gak sakit kok en mereka cerita pengalaman2 mereka yg da pernah ngalamin, ada juga yg blg klo coba ke cari 2nd opini dulu, juga ada mb rina yg emailin gw lgs en mo telp klo ada dokter andrologi yg bia terapi hormon untuk menunjang pertumbuhan baby.. thx for u all..

sampe rumah en diskusi ama kaka, akhirnya diputusin besok ke dokter Harjono (sp. andrologi) atau ke dr. Irvan Adenin di rsia tambak yg katanya bagus buat detail scan usg,, 

sabtu, 07 feb 08

sorry Tya gw ga bisa dateng ke nikahan u.. gw harus ke dokter sabtu ini.. hiks.. stelah menimbang2 mending ke dokter mana, akhirnya kaka bilang.. khawatir klo terapi hormon en memaksakan kelahiran baby padahal janinnya emg krang bagus ntr terjadi apa2 ama baby nya, kita ke dokter obgin biasa aja buat 2nd opinion, akhirnya mutusin ke rsia tambak ke dr. irvan, sampe sana, daftar buat dr, Irvannya dah tutup padahal gw sampe sana jm 11 siang (dokternya mule praktek jm 12) waks rame bener dah ni pasien dokter ini (katanya si sehari cm mau terima 10 pasien, ky dokter Evert aja neh..) akhrnya daripada nanggung da jauh2 masa kaga periksa akhrnya ke dr lain aja, dr. Botefilia (cewe), kira2 stg 1 siang gw masuk r praktek dokternya,, gw diperiksa pk usg trans v jg ky di dokter raditya, en hasilnya jg sama, perkiraan sama2 7 mggu dari kantung janinnya, katanya buat org yg siklusnya berantakan ky gw ini heuhue, emg harus hati2 tentuin usia kehamilan,, ama dokter ini gw disru tunggu 2 mggu sambil dikasi vit as. folat.. en pesennya sama ky dokter radit, klo terjadi flek atau pendarahan lgs dateng kesini entar telp dia… T_T dokter ini mayan bijak sih, dia bilang kemungkinannya 50:50 ya tp tunggu aja klo emg dia akan tumbuh maka akan tumbuh nanti tp klo emg kurang bagus maka akan luruh sendiri.. itu karena dia liat di usg klo ada tali2 plasenta yg mulai copot.. *hiks*

mb rina yg waktu itu telp gw soal dokter andrologi kmudian email gw di hari minggu ktika gw kabarin klo gw kmarin ga jadi ke dr Harjono,, mnrt dia sayang banget karena bukan buat paksa janin nya lahir, tp kandungan hormon ibunya kadarnya bisa aja kurang en ga support buat baby, so akan dkter itu akan di terapi hormon  pk suntikan (pengalamn kakaknya berhasil dari ga kedeteksi ampe tau2 muncul detak jantung baby nya) tp klo emg ni janin ga bagus maaka akan luruh sendirinya…secara alami.. dia ga rekomen kuret.. *bngung de* setelah kubicarakan ama kaka dia saranin buat ke dr. harjono hari rabu.. gw masi bingung entah gw dah hopeless,, atau gmn, tp sampe saat ini gw blom ngalamin gejala flek or smthg gt,, mgkin janin nya rada kuat kli,,, tp gw jg ga tau gmn ya harusnya😦 mgkn ada baikny jg dicoba rabu kesana.. hiks meski gw rada hopeless seh,, tp gw en kaka da sepakat,, apapun yg terjadi pasti yg paling baik buat baby nya.. jadi apa yg terjadi da pasrah de.. hm gw pribadi mgkn.. cuman bisa berdoa en berharap yg terbaik apa pun itu dari yg diAtas.. dan klo2 nanti terjadi tanda2 flek gt kali gw lgs ke dokter buat kuret sblom terjadi pendarahan hebat.. sementara gt de rencananya..😦 wish me luck..

 
5 Comments

Posted by on February 8, 2009 in Our Days

 

Tags: ,

5 responses to “about BO

  1. LauTze

    February 9, 2009 at 9:09 am

    Din, apapun yang divonis ma dokter gw berharap lo ga down..lo kudu tetep semangat bu !!! Wish all d BEST for you🙂

     
  2. jessie

    February 9, 2009 at 10:36 am

    dinaa..smangaatt y..

     
  3. rina cantiquez

    February 10, 2009 at 10:05 am

    semangat n be strong dinaaa….:)

     
  4. cerialways

    February 11, 2009 at 2:26 pm

    santai aja ya mi…
    semua akan baik2 aja
    kabar2in yah mi keadaannya….
    ciayooo!!

     
  5. Desiree

    February 18, 2009 at 3:34 pm

    Dina,… yang sabar ya.. Semoga diberikan yang terbaik dari Allah. Hugs.

     

Leave a Reply

 
