RSS

about BO (2)

19 Feb

helo.. lama ga nulis nih.. hari ini daku mo menulis kejadian2 belakangan ini yg terjadi huheu.. maklum gw disuru bed rest ma dokter selama seminggu jadi ga boleh byk gerak2 jg.. gw mulai cerita dari minggu lalu deh..

rabu, 11 feb ’09

karena hari ini gw ga bisa cuti.. akhirnya gw ijin setengah hari ama atasan gw.. paginya gw en kaka ke OMC Pulomas buat ketemu dr. Harjono, sp.And. gw ma kaka dari rumah jm 7 pagi ky biasa pergi kantor lah hue,, sampe sana kurang lebih jm stg 9 ketika gw dah nunggu depan ruang praktek.. masi sepi, dingin banget, nih RS baru buka kynya.. tp sblum gw dah ada 2 pasien lainnya..

kira2 satu jam nunggu baru giliran gw,, gw jelasin de ke dokter klo gw dah ke 2 dokter obgyn en 22nya suspect gw BO (janin ga berkembang) en gw dikasi tau temen (rina) yg kakaknya pernah ngalamin hal yg sama ky gw en ditanganin ama dokter.. singkat cerita, gw di usg, dari hasil usg terlihat ada janin yg ukurannya 3,6 mm dari seharusnya 3 cm untuk usia kehamilan 9 mggu ky gw ini (padahal di dua dokter obgyn seblomnya kantung janin gw bnr2 kosong),, jadii janin gw itu cuman 11% dari ukuran normalnya! dokternya bilang gw da terlambat sepertinya, saat ini dia ga tau keadaan janin gw gmn, ibarat orang, apakah dia sakit, koma, atau sehat cuman kurang nutrisi, dia bilang gw ga terlihat adanya corpus luteum (CL) yg hasilin progesteron buat perkembangan janin gw, katanya klo dari awal dah ketauan harusnya da bisa diterapi,, akhirnya gw ditawarin mo tetep coba apa ngga, dia ga yakin bisa berhasil karena dia ga tau kondisi janin gw itu.. satu suntikan buat rangsang pembentukan CL itu kira2 700rb untuk satu dosis, klo dosis lebih bagus 1,4 jt, ini ky gambling dia bilang, di saat kita ga tau kondisi si janin, ibarat org klo dikasih makan klo orgnya dah sakit tetep ga bisa makan kan, klo sehat ya bisa tumbuh, gt kata dokternya.. akhirnya setelah mikir2 akhirnya aku en kaka setuju buat coba dulu soal hasilnya dah diatur ama yg diAtas deh.. akhirnya gw disuntik satu dosis, hari sabtu gw disuru balik lg buat liat perkembangan janin gw.. selain itu gw ga dikasih obat lain, selesai bayar2 di kasir buat biaya konsultasi, admin, en buku, totalnya kr2 300rb an, gw terus transfer bayar suntik itu ke dokter, gw trus lanjut ke elnusa.. kaka nungguin gw di kantor, trus gw dianter ke MUI, pulang dari sana, sorenya gw mulai flek2 tp dikit en masi agak samar..

 

kamis, 12 feb ’09

gw ke kantor ky biasa, pulangnya gw cuman nebeng temen ampe pd. pinang trus gw lanjut naik angkot ampe rumah.. huhe cape,, sampe rumah.. again.. gw flek lg..

 

jumat, 13 feb ’09

gw ke kantor ky biasa, yg jelas ni hari gw sibuk banget2 en gw stress.. dan.. gw mulai pagi, siang, flek2 en gw frustasi ampe rasanya kaki gw nyaris gemetar,, gw lgs hubungin dr. Harjono, kata dia kita liat besok dulu.. thx God hari itu gw nebeng ama mb Dip ampe deket rumah, gw cerita ama dia.. duh gw bnr2 takut.. malemnya gw sms-an ama nykap gw yg dah hampir 3 mggu di kampung halaman, makassar. beliau cuman bilang “ami cuti dulu sampai kandungan kuat”,, well gw ga bales lg deh, dah speechless..

 

sabtu, 14 feb ’09

happy valentine my friends, tp bagi gw ada hal mendebarkan lainnya,, gw pagi2 dah nunggu depan ruang praktek dr. Harjono.. entah gmn nasib gw hari ini.. setelah diperiksa, usg transv dan transabdomen, dokternya bilang klo plasenta penting ke janin gw ada yg putus so gw jadi flek2 en bleeding,, oh ok.. lalu dia jelasin jg klo ukuran janin gw tambah lebih besar (jadi 20% dari normal) en kantung janinnya jg (dalam 3 hari), tp bagi dokter, yg paling penting adalah detak janutngnya yg sampe skrg belum kedengeran, jadi dia ga berani ambil langkah beirkutnya, jadi gw disuru balik lagi hari rabu.. 

sorenya gw jemput nyokap gw di bandara.. ya dah gw si hepi2 makan2nya oleh2 dari sana hihi, sambil cerita2 masalah2 gw selama beliau ga ada, heuhue,, nyokap gw cuman nasihatin gw klo fisik gw ga skuat orang2 lain, gw harus cuti kalo hamil, apalagi trimester pertama, dari dulu klo gw kecapean di jalan gw emg cepet tepar en ga kuat.. apalagi skrg gw perlu energi lebih byk klo hamil jadi yah nyokap gw cuman saranin klo gw harus cuti, dan klo emg janinnya ga bagus ya dikuret aja gpp next time mo hamil bnr2 harus disiapin dengan matang dan ga boleh kecapean.. hari ini gw masih flek2… dan agak bingung sambil mikir apakah gw lebih baik lgs kuret aja.. sepertinya tipis harapan buat baby gw.. selain itu nyokap gw khawatir banget klo gw ampe bleeding, takut gw pingsan katanya, soalnya gw lg menstruasi aja biasanya gw sering anemia en pusing2.. sedih de nyokap gw dengernya..

 

minggu, 15 feb ’09

setelah gw pikir2 gw putusin buat kuret aja, kaka hub dr. Raditya, dokter gw yg pertama, ga berapa lama dokter hubungin balik, ternyata abs operasi, dia bilang lgs ke rs. PIK aja skarang.. (dokter emg bilang klo gw flek or bleeding cepet hub dokter), trus setelah tny biaya di bagian kasir via telp, tarif buat kuret skitar 6-7 jt, wew mahal bener yah buat kuret, duit sgitu si klo buat ngelahirin gpp cuman ini kan buat kuret!! hooh.. trus gw mikir2 mending kuret di rsia. tambak aja deh lebih murah yi. 3,5-4 jt, untungnya disana jg ada dokter Botefilia (gini nih untungnya ada bbrp dokter, jadi ada pilihan2, klo dr. Harjono dah pasti blom mau kuret gw), akhrnya lgs aja, gw, kaka, en nyokap gw menuju tambak di manggarai..

sampe sana setelah ditny2 suster en bidan, gw dah masuk ruang bersalin gt, suster en bidan yg nanganin gw agak2 bingung gt kenapa gw yg mgkn masi flek2 dikit gini yakin banget pengen dikuret,.. akhirnya bidannya telp dr. Bote, trus dokternya bilang mo liat gw dl,, akhirnya gw nunggu dokter kira2 2 jam gt trus pas dokter dateng gw lgs masuk ruang priksa nya,, si dokternya bingung karena minggu sebelumnya gw kesana belum ada janin sama skali tau2 skrg ada janinnya en muncul kuning telur suplai makanannya janin gt, akhirnya ama dokter Bote gw kaga bole dikuret, jadinya gw dikasih penguat kandungan berupa hormon progesteron katanya kmungkinan gw kekurangan hormon itu jadi telat perkmb janinnya.. susternya cuman bilang gini ke gw, untung blom dikuret ya (sambil snyum2) hum.. iya gw jg baru liat klo tau2 ada kuning telur sgala.. dokternya cuman bilang tp masi tetep 50:50 tp kita coba dulu aja yah Din.. gt kata dokter.. gw diaksih Cygest untuk 7 hari, dan selama seminggu gw harus bed rest, tp dokter tetep pesen klo pendarahan lgs ke rs yah..  soo gw kaga jadi kuret, tp kudu bed rest seminggu..

 

senin, 16 feb ’09

gw mulai bed rest hari ini, mertua gw (ibu en bapak) pagi2 dateng jenguk gw, mereka khawatir banget ama keadaaan gw katanya.. akhrnya gw obrol2 ama mereka en nyokap gw,, ampe siang..trus gw baru mo istirahat nih, tp gw ada kerjaan kantor yg harus gw kerjain, jadi gw minta temen kantor gw buat emailin en gw kerjain trus hasilnya gw email2 ke Jc,, kelar itu gw lgs tidurannn,,,,, flek muncul lagi deh..

 

selasa, 17 feb ’09

gw bener2 byk baringan aja hari ini, cuman makan tidur en ntn dvd,, flek gw lebih dikit dari biasanya en gw bnr2 mencoba menghilangkan stress dari pikiran gw..

 

rabu, 18 feb ’09

gw masih flek, jadi takut jg, perut gw jg berasa ga enak.. ga sabar mo ke dokter besok rasanya.. gw cuman flek pagi trus berenti karena gw ga byk gerak hari ini, malemnya gw kluar bentar ke rumah mb Dip.. malemnya lgs flek2 lagi, hiks, bener2 ga bole byk gerak kynya😦

 

kamis, 19 feb ’09

hari ini, gw ke dr. Harjono, berita buruknya adalah kantung janin gw da kemasukan aliran darah, dan itu artinya dah ga ada harapan lagi buat dipertahanin kan.. dokter ngasi 2 opsi seperti dokter2 lainnya, yaitu obat or kuret.. plus minus dari yg dah gw browsing2 di inet yah

klo obat, harganya lebih murah, bbrp ratus ribu, sakitnya katanya luar biasa tuh pendarahan, ky ngelahirin, gw bayangin diri gw serem jg takut pingsan karena kurang darah rasanya.. atau bisa jg karena liat darahnya karena gw ga tahan liat byk darah.. ko pk obat ga bersih rahimnya maka harus dikuret juga karena klo ngga bersih bisa nimbulin penyakit2.. tapi klo pake cara ini, bisa lgs program hamil lagi

klo kuret, cuman sakit pas suntik bius, trus dalam bbrp menit selesai kuretnya (skrg pk vakum kata dr. Harjono jadi 1-2 menit selesai klo disini) cuman obt biusnya 3 jam baru ilang, klo yg kurang dari 3 jam biusnya?? ga ada, ada pun jg kamu bakal tetep ngerasa sakit nya kata dokter (hiiy), abis kuret yah dah bisa aktifitas normal, tp abis kuret ga boleh hamil dulu tuh ampe 3-6 bulan, soal  biaya cukup mahal

dokter Harjono saranin buat pake obat, tiap satu jam diminum, makin mules tmbh minum, klo ga kuat banget hentikan minum obat, ntr klo di usg dah bersih ga perlu kuret, klo blom bersih kudu kuret jga (sigh), oh ya hari ini jg urin gw di tes hCG en masih positif (tes kehamilan itu) menrutu dokter klo gini berarti masi kuat akar janinnya ke rahim agak sulit pake obat tp dicoba aja karena kuret mahal kata dokternya (3,5-3,6 jt sama dokter ini) katanya si uang sgitu mending dipake buat yg lain misalnya buat hamil berikutnya.. klo emg mau lgs kuret ntr sabtu tp dia suka bilang gini kenapa sih takut bgt ama sakit ya.. kaka jelasin klo gw gmpg anemia jadi takut nya gw kenapa2.. gw bilang de ama dokternya klo gw akan pikirin dl..

kluar dari ruang periksa susternya nawarin mo ambil obt ga tp gw jelasin ke susternya klo gw masi mo pikir dl kynya oengen lgs kuret aja tkutnya pake obt dah sakit trus ga bersih kan ujung2nya kuret jg.. heu.. 

sampe rumah,, setelah diskusi ama nyokap, nyokap saranin buat lgs kuret aja klo da ky gt daripada minum obt sakit trus entar bisa2 kuret jg mending lgs kuret aja, gw pikir jg gt jadi gw bilang ama kaka klo gw mo lgs kuret aja de, kaka telponin dr. Raditya heuheu again,, pasti bingung nih dokternya.. akhirnya bikin janji deh kuret hari jumat (besok nih) jm stg 5 sore.. di tempat prakteknya en thx God biaya nya jg lebih murah sktr 2,2-2,6 jt blom tmsk obat.. klo ke tempat dokter ini gw cuman luruss doang dari rumah,, sampe deh, gw ditemenin nyokap doang besok, soalnya kaka ga enak ijin lg hari ini dah ijin  stgh hari anter gw ke dokter soalnya :p fyi kuret di dr. Raditya iini jg pake vakum, 2 mggu lalu pas gw ke dokter Raditya dia dah jelasin untuk kedua opsi ini pas pertama kli gw divonis BO.. wish me luck..

 
2 Comments

Posted by on February 19, 2009 in Our Days

 

Tags: ,

2 responses to “about BO (2)

  1. lautze

    February 20, 2009 at 7:44 am

    Yaps..Gw doain semua baek-baek aja din..dan tetep ceria🙂
    Keliatannya dirimu tabah koq apalagi kaka

    so smile never ending🙂
    huehuehuee

    itu ajah,

    -lau-

     
  2. 3cantiquez

    February 21, 2009 at 12:50 am

    DiN teteUp SeManGAt yaH,,, Ge YaKin dibalik cObaaN ini .. SemuanYa akan berbuah indaH pada WakTuNya,,, keep SmiLe My Frens,,, ^^d
    -Mae cantiquez-

     

Leave a Reply

 
