RSS

kehamilan (week 6)

04 Aug

hi, mau ngeliput hasil kontrol jmt kmrn

jumat, 31/07/09

kali ini gw ke dr. harjono ditemenin suami yg udah pulang dari brunei (rabu) senenggg…. kaka ckp excited hari ini karena bisa anterin gw cek (dia lg cuti)

hasil usg hari ini,,,

umur kehamilan gw harusnya 6w2d (anyway memasuki 6 weeks ini gw jd mulai suka mual2 –kdg2–terutama klo laper, en tau sendiri betapa gw sering laper sblom hamil jg—hehe)

SAC (kantung kehamilan) ukurannya dah 7 mgguan (artinya pertumbuhan lebih cepet dari umur sekarang), untuk CRL (janin) ukurannya 5,5 mm persis untuk usia 6w2d, dan detak jantungnya jg masih oke, cuman ada masalahh….. letak janin gw itu ada di bener2 ujung bawah kantung, dan itu posisinya deket dari mulut rahim!!! menurut dokter ini posisi yang bener2 gak bagus karena itu daerah kurang nutrisi!! OMG kasian c baby, dokter saranin buat gw disuntik lagi untuk picu pertumbuhan janin biar lebih cepet gede nya en keluar dari posisi ujung kantung yg terlihat menjepit si baby.. meski kata dokter dari ukuran baby en kantung ga bermasalah tpi ini masalah di posisinya yg gw emg liat mengkhawatirkann (padahal 4 hari sebelumnya gw kontrol kan dia baik2 aja….), akhirnya suntik lagi deh…. demi kebaikan baby

abis itu kita diskusi perkembangan ini..

klo diliat 4 hari yang lalu (senin 27/07/09), perkembangan janin udah 2 hari maju lebih cepat pertumbuhannya, maka hari ini harusnya ukuran janinnya 6w4d, tp hari ini ukuran 6w2d, so dia mundur 2 hari pertumbuhannya (meski ini emg sesuai ama usia janin), dokter bilag kemungkinan karena posisi yg kurang bagus itu jadi kurang nutrisi en menghambat prtumbuhan, klo ga dilakukan tindakan apa2, bisa2 minggu depan telat tumbuh 4 hari, seminggu, dst lalu bisa jadi janinnya ga bisa bertahan, selain itu ini posisi yang rawan abortus (kguguran), so gw harus istirahat dulu di rumah sminggu lagi!!

gw jg bilang ke dokter kalo kmarin sore sempet keluar flek lagi, en dokter nampak khawatir… klo 3 hari awal sblom kontrol senin gw bilang emg bener2 bedrest, pas 4 hari sblom jumat ini karena gw pikir janin gpp jd masi suka aktivitas di rumah gw pikir untuk adaptasi diri sblom masuk kerja mggu depan.. tp ternyata klo gw duduk agk lama di meja makan gw suka sakit perut bawah atau kram gitu jd tiduran lagi,, lama berdiri jg suka bikin perut bawah gmn gt…

dokter akhirnya bilang klo jumat depan dilihat lagi perkembangannya klo ok kamu bisa masuk kerja, tapi klo posisinya masih rawan, kynya kamu harus libur kerja dulu nih.. –kynya emg harus meminimalisir gerakan—

*wish me luck next friday*

 
Leave a comment

Posted by on August 4, 2009 in Our Days

 

Tags:

Leave a Reply

 
