RSS

kehamilan (week 7)

12 Aug

belom update kabar jumat lalu saat kontrol nih😉

jumat, 07/08/09

pagi ini gw ke dokter ditemenin nyokap, soalnya kaka ga bisa cuti hari ini karena senin dia musti tugas kluar kota lagi kali ini ke singapur dari senin ampe kamis, so dia harus masuk kantor untuk bbrp persiapan yg musti dibawa/disiapin mggu depannya.. hiks ditinggal lagi deh..

baru dateng, dokternya nanya gimana mual ga? gw bilang ga terlalu sih dok cmn klo laper aja ama nyium bau2an.. (agk hopeless karena kata si dokter ER har-kit kan makin mual mkin bgs)

tapi kali ini gue pokokknya PASRAH aja sama yg di Atas..

pas usg, wah kliatan baby nya dah tmbh besar dan berdenyut, kali ini di usia kehamilan 7w2d, ukuran kantung (SAC) udh 8w5d, dan babynya berukuran (CRL) 7w3d atau 12mm-an, posisinya jg udah nggak terjepit di ujung, karena tambah gede an jadi mulai agak ke tengah, moga2 mgu depan tambah gede lagi jadi mkin ke tengah kantung deh

karena perkembangannya cukup bagus, kata dokter, gw sementara ga perlu suntik en hormon progesteronnya di stop dulu (karena emg tinggal 1 pc sih di rumah), mnrt dokter plasentanya dah mulai terbentuk bagus, jd gw cmn dikasi 3 macem vitamin aja hari ini *happy*

(kalo kasus gw yg gw baca2 di internet itu sepertinya mirip ama kelainan yg namanya luteal phase defect (LPD), jadi dalam sklus haid kan normalnya, ovum lepas corpus luteum di dalam ovarium yg prosesnya namanya ovulasi, nah setelah terjadi fertilisasi, akan dihasilkan hormon hcg yg terdeteksi ama tes kehamilan itu, nah si hcg ini akan merangsang corpus luteum di ovarium buat hasilin progesteron buat persiapan rahim dan menunjang perkembangan embrio, dalam kasus LPD, corpus luteum nya ga ada di ovarium, otomatis ga ada yg hasilin progesteron kan, jadi kemungkinan besar rahim ga mampu untuk mendukung perkembagan embrio dan cenderung menyebabkan tidak berkembangnya embrio lalu luruhnya dinding rahim karena ga ada support hrmon progesteron itu, dalam kehamilan normal, corpus luteum ini akan terus menjaga rahim sempe usia kehamilan bbrp minggu yaitu mulai terbentuk plasenta, pada saat ini corpus luteum udah ga diperluin lagi dan akan keluar atau hialng gt (lupa deh :p cmiiw))

(pas pulang ke rumah gw baca2 di mims ttg info vitamin2 yg dikasi sih yg vitamin pertama isinya EPA, DHA, tuna oil, folat, dan bbrp trace element lainnya-kynya isinya bykan untuk perkembg otak bayi, yg vitamin kedua isinya kalsium, yg ketiga itu vitamin B6 gt kayaknya.. ternyata B6 jg bisa mengurangi mual jg yah.. katanya seh yg gw baca2..)

dokter gw mo liat seminggu ke depan tanpa bantuan suntik en hormon apakah gw akan keluar flek, karena di rahim gw masih ada darah2 yg bisa memungkinkan keluarnya flek, jd gw blom boleh masuk dulu en masi harus istirahat ampe 18 agt nanti,, (gw jd rencana unpaid leave aja dari kantor bulan ini karena ga enak deh ijin mulu mana ga kerja mana bisa digaji??)

kaka nelponin gw terus tny gimana hasil periksanya, hehhe dia soalnya khawatir banget mggu lalu ama kondisi janin terjepit😀 tp kabar hari ini bikin dia tenang😀

intinya yg penting selama kehamilan kedua ini gw banyak2 istirahat, mnm vitamin, susu 2x sehari (biasanya jarang wkk), sama serahin semua sama yg di Atas aja.. moga2 kehamilan kli ini bisa lancar terus..amin…

 
Leave a comment

Posted by on August 12, 2009 in Our Days

 

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: