RSS

hypnobirthing

19 Dec

Selamat tahun baru Hijriah 1431 yahh😉

setelah menyelesaikan baca buku ‘melahirkan tanpa rasa sakit’ nya Evariny A., gw masih belum yakin apakah nanti gw akan berencana untuk menjalani persalinan normal atau normal+epidural/ILA.. tentu saja masih takut ama ‘apakah gue akan tahan ama rasa sakit nya?’, ‘apakah gue bnr2 bisa men-sugesti pikiran gue untuk meminimalisir rasa sakit?’, ‘apakah gue bisa tenang masuk ruang persalinan dalam keadaan sadar?’, ‘apakah gue akan tahan liat darah dan perlengkapan persalinan?’ dll dsb, jg ada opsi bedah caesar, tp itu jg ga terlalu lebih baik dilihat dari ‘penderitaan’ pasca persalinan dan komplikasi yg mungkin menyertainya,, selain itu dokter gw ini pro-normal, makin dilematis lah.. tapi tetep aja gimanapun yg akan terjadi pas persalinan nanti gue tetep HARUS siap bukankah??? -siap mental dan fisik tentu saja-

kemarin kebetulan ada talkshow nya hypnobirthing oleh pembicara mbak Evariny ini di Gramedia GI yg kebetulan lg diskon 30% jg tuh (ampe 25 des), awalnya dengan niat-dateng-ga-dateng-ga.. akhirnya gue en kaka memutuskan buat dengerin aja,, lagian GI deket ini, cmn 15 menit dari rumah…

sampe sana karena blom mulai, gue mulai ngisi waktu dalem gramed liat2 planner 2010 emg niat pengen beli tp ilfeel liat antrian panjang en bikin kepala gue pusing saking byknya orang,, alhasil gue kembali ke area talkshow yg ternyata udh mulai (dari jm 2 sore ampe setengah 4)

sampe saat mo ikt talkshow, di otak gue masih berniat 80% klo gue mo lahiran normal dengan bius epidural/ILA! tp gue tetep dengerin acara itu sampe selesai..🙂

well,, perlahan2 cara pikir gue berubah,,

gw amazed dengan pengalaman2 ibu2 yg berhasil praktekin hypnobirthing en tetap tenang en berkomunikasi dekat dengan anak dalam kandungannya sampe saat2 terakhir mereka berjuang bersama.. so sweet.. en gue jg berpikir klo mereka bisa, mustinya gue jg bisa..

akhirnya saat2 akhir gue sempet dapet kesempatan untuk bertanya, en gue cmn bilang klo gw kebetulan udh baca bukunya en gue masi belum yakin gue bisa jalaninnya karena emosi gw yg masi sangat labil selama kehamilan ini,,, apakah ada tips2 yg bs gue lakukan? mbak eva cmn bilang klo org beda2 ada yg baca buku udha cukup buat praktekin en ada jg yg perlu pelatihannya, en dia suggest gue buat ikut pelatihannya..

semua berawal dari niat tentu saja..

kali ini suami tercinta sangat mendukung gue untuk mengikuti pelatihan ini, kata dia apa pun yg terjadi nanti, meski caesar adalah opsi terakhir, hal ini akan berguna buat gue en baby, untuk terus positive thinking dan selalu rileks.. akhirnya terdorong dengan niat suami gue itu, akhirnya gue putuskan oke, gue akan mencoba sebisa gue untuk jalanin pelatihan demi persalinan normal dan lancar, tanpa komplikasi, dengan pikiran selalu positif dll.. ini untuk kebaikan gue dan si baby jg, akhirnya gue berfikir ini mungkin cara yg terbaik bagi gue untuk mempersiapkan kelahiran si buah hati kami, ada pepatah alah bisa karena biasa kan hehehe,,,(hal ini jg setuju dengan ajaran buku the secret kata mba Eva-yg kebetulan baru aja gw kelarin bacanya :D)

kmarin jg belajar fokus pikiran ke pendulum, jg gue dapetin voucher konsultasi gratis ama mbak Eva senilai 150rb, untuk 3 pelatihan berikutnya paket 600rb, tempatnya di rumah mba Eva dengan perjanjian, di daerah Gading, sempet gue bilang ama kaka, tapi pelatihannya jauh di Gading😦 trus kaka cmn bilang ah cuman Gading, kan deket dari tempat dr Harjono di Pulomas.. ok deh,, akhirnya gue setuju dengan niatan ikut pelatihan ini…

dalam brosurnya:

Konsultasi: evaluasi client, evaluasi skala distress, evaluasi kebutuhan hypnobirthing, perkenalan singkat hypnobirthing

Pelatihan 1: perkenalan hypnobirthing (pendalaman), penjelasan proses kehamilan, penjelasan teknik relaksasi, penyesuaian sugestibilitas, penyesuaian afirmasi/sugesti, dan latihan relaksasi

Pelatihan 2: teknik relaksasi lanjutan, pendalaman relaksasi (deepening), visualisasi (tgt subjek), latihan ideo motor, komunikasi dengan janin, dan latihan relaksasi (deepening)

Pelatihan 3: persiapan persalinan dengan hypnobirthing, senam kegel, perineum massage, endorphin massage, hypnoanesthesia & hypnoanalgesia, penyaluran cinta kasih pada janin, dan latihan hypnobirthing (deepening)

dianjurkan ikutin pelatihan ini ama suami jg, ini sistem privat gt, ntr klo pas mo ngelahirin kan peran suami sangat banyak misalnya pijat endorphin hehe.. biar si mama bayi gak stress ^_^

anyway ga ada kata terlambat untuk berlatih relaksasi, sebaiknya dari awal kehamilan, tapi saat udah mau ngelahirin jg bisa asal niatnya kuat..

kelar talkshow, trus solat, en makan di resto warung podjok, rekomen bgt ya ini tempat hehe.. gw makan gado2, en kaka makan nasi bakar,, abis itu lgs pulang karena gue capek banget.. :p

semoga gue bisa jalanin yaaa, keep positive thinking, en latihan relaksasi teruss jg komunikasi ama baby nyaa yaaa ^_^

 
4 Comments

Posted by on December 19, 2009 in Our Days

 

Tags:

4 responses to “hypnobirthing

  1. Desiree

    December 23, 2009 at 1:38 am

    Mi, keliatannya pelatihannya bagus sekali, ya. Saya setuju sebaiknya suami ikutan juga🙂. Saya + suami sempat ikut birthing class, memang sih bukan hypnobirthing seperti ini (saya malah baru tahu dari blog ini), tapi diajarin juga teknik pernapasan untuk mengurangi rasa sakit dan tetap thinking positive. Sayangnya ikutan kelasnya ga lengkap, tapi alhamdulillah sudah sangat membantu untuk melalui masa-masa kontraksi. Semoga lancar ya lahirannya… tetap semangat, Ibu!

     
    • hablursalju

      December 23, 2009 at 8:56 am

      Hi Des, iya kynya si di Indo sini jg blm byk yg tau metode ini, alhmdlh suamiku mendukung buat ikutan ini katanya bagus jg selain buat ngelahirin, awalnya aku ragu terus ngikutinnya hehe masi parno rasa sakit nya gmn ntar ya,,, Desi dah ngelahirin yaa? siapa nama anaknya?

       
      • Desiree

        December 23, 2009 at 6:54 pm

        Alhamdulillah tanggal 17 Des kemarin. Namanya Mentari Alya Hanifa. Iya, Mi.. insya Allah kuat dan lancar melalui proses kelahirannya ya.. ibu dan anak sama-sama berjuang🙂

         
  2. hablursalju

    December 23, 2009 at 8:24 pm

    Selamat ya Desii ^_^ senang mendengarnya

     

Leave a Reply

 
