RSS

kontrol 29w1d

08 Jan

kamis (7 jan) sore gw ambil nomor antrian abis nimbang en nensi, trus pulang k rumah, sambil nunggu kaka pulang, trus jm 7 malem-an gw en kaka balik ke tempat dokter lagi,, ternyata masi nunggu jg heuhue,, maklum satu pasien ama dokter ini ckp lama, dokter ini ckp detil jg klo periksa usg🙂 jg sabar banget menanggapi pertanyaan2 pasiennya terutama yg bawel spt saya🙂

wkt giliran gw,,

dsog: gimana bu? ada keluhan?

gw: ga dok, cmn pengen liat baby aja ^_^

dsog: ^_^ ok, yuk kita liat

–usg–

liat kepala baby, letaknya di bawah (bagus nih untuk normal delivery), trus liat tulang leher, kata dokter aman ga ada lilitan tali puser, trus liat tulang2 lainnya, perut, trus jenis kelamin, jelas baby girl niy hehe,,, trus dokter itung denyut jantung baby, ok, berat baby katanya sdikit lebih berat, sktr 1,5kg-an untuk usia baby 29 minggu , trus ukur perut, tulang paha,, udah d

diskusi:

dsog: baby nya baik en sehat bu, vitaminnya masi ada?

gw: masi ampe tengah bulan dok

dsog: oiya kita mulai ketemu 2 minggu-an ya skrg

gw: ooh,,

gw: dok, menurut dokter, persalinan normal + ILA ada efek sampingnya ga? apakah direkomen?

dsog: hmm, klo kmu tipe wanita superwoman, klo bisa normal ya normal saja, tapi apabila tidak tahan sakit, bisa minta ILA, untuk efek sampingnya kynya hmpir ga ada ya, paling pasien saya blg kadang2 suka sakit tulang belakang tp byk jg yg ga knapa2,, klo bs normal mending normal, klo cmn ga tahan sakit, daripada sc, mending ILA, soalnya sc recoverynya jg lebih lama kan

gw: oh gt ya, klo bedanya ama epidural apa? trus ak pernah baca klo ada yg bius ILA nya ilang di tengah kontraksi apa mgkin terjadi?

dsog: klo ILA disuntikin ke tulang belakang en bs ditambah sewaktu2, ILA jg dosisnya cmn sepersepuluh epidural, jd lebh ringan, klo suntik epidural apabila nantinya musti sc jd ga perlu suntik2 lagi, jd lgs sc aja

gw: oic, klo di HK bs normal+ILA?

dsog: hehe klo di HK kynya jarang ya,, klo ga kuat normal biasanya lgs sc

gw: :-O

dsog: tp klo kmu mau ILA, saya ada kolega yg biasa anestesi ILA, nanti bs saya hubungin untuk warning swaktu2 pas lahiran diperlukan

gw: ok dok, thx atas infonya🙂

————————————-

sampe rumah,, gw en kaka jd membulatkan tekad lagi buat ga lahiran di HK,,, hhh pusing de..

setelah gw cari2 info jg ternyata gak smua rs bersalin nerapin sistem normal+ILA/epidural, padahal itu kan mendingan daripada lgs sc ya? klo bs normal tanpa sakit ya knapa musti sc yg recoverynya lebih lama en sakit?

 
Leave a comment

Posted by on January 8, 2010 in Our Days

 

Leave a Reply

 
