RSS

lahirnya fira

08 Oct

wuaaa lama bener baru posting lagiii uehueheuue, ternyata punya bebi itu sangat menyita waktu sampe2 emaknya jarang ngeblog lagi hhahaaha

berikut cerita lahirnya fira en hypnobirthing (testimoni yg kutulis buat mba Evariny)

—-

Ami kan baru kenal hb pas hamil trimester 3
waktu menjelang trimester 3 lagi mulai panik2nya karena bntr lagi lahiran, mulai dari mikir ntr lahiran mo normal apa sc, sampe parno sakit lahiran hehe, jd tmbah moody banget wkt itu..
suatu hari aku baca buku hb nya mba Eva en ikut talk show nya di GI, ditambah dorongan besar dari suami untuk ikut pelatihan nya sbg persiapan mental..
akhirnya ikut d hehe
latihan 1 dan 2 masi gt aja blm pede
latihan 3 alhmdlh dah bulat tekad buat lahiran normal en pasti bisa jalanin proses nya nanti hehehee
pas hari H,, sorenya aku masi jalan2 tu deket2 rumah pas 37-38w kehamilannya, sempet kluar flek pas lg jalan2 itu, tp aku masi santai..

ternyata malemnya sktr stgh 10 malem pas mau tidur, tiba2 pecah ketuban, kaget jg, untung tas udah siap, suami lgs siap2 ke rs sama mama jg, aku masi santai jg sms an ama dokterku yg nyuru ke rs jg

sampe di rs kira2 jm 10 malem baru mulai kerasa dikit kram ky mau haid..
sampe ugd diperiksa suster, ternyata baru bukaan 1 jd disuru istirahat di tempat tidur karena khawatir air ketuban keluar terus klo jalan2..

aku kembali mendengarkan cd relaksasi seperti yg tiap hari kulakuin sejak ikut pelatihan hehehe.. sambil ditemenin suami
trus masuk ruang perawatan, disana ditemenin mama en suami jg
waktu di ctg ternyata kontraksi udah 5 menit skali, alhamdulilah aku blm bgtu merasa kontraksi sesering itu
kemudian sampai jam 12 malam mulai terasa d kontraksi yg teratur, tp aku tetap berusaha rileks dengan tarik nafas teratur dan pasrah sama tubuh yg bekerja karena aku yakin persalinan yg kuhadapi adalah proses yg alami jd biarlah tubuh yg mngaturnya, aku hanya membantu mempercepat proses itu dengan rileks selalu, aku jg bayangin klo rileks bukaan persalinan jd cepet dengan bayangin mulut rahim membuka dengan cepat seiring rileksnya diriku hehe sambil ajak obrol anakku klo bntr lagi uda mau ketemu wkkkk, waktu dicek ternyata itu bukaan 2 longgar mau 3, suster bilang akan periksa lagi besok pagi karena ga bole sering2 dicek klo ud pecah ketuban karena rawan infeksi

sejak itu kontraksi mulai terasa sering tp klo aku bilang sakitnya sih masih tolerable, sepanjang kontraksi terus nafas panjang teratur dipandu suami sambil obrol2 klo ternyata bentar lagi Fira udah mau lahir jd lebih excited daripada ngerasain kontraksi..

menjelang jm 2 pagi kontraksi terasa terus menerus jd akhirnya dipanggil lg d susternya hehe
ternyata udah bukaan 8, ga disangka scpt itu, trus suster siap2 bawa aku ke ruang bersain dan telp dokter
di jalan ke ruang bersalin, tau2 mau disuntik, aku hampir protes karena mau persalinan yg sealami mgkn,, tp kata suster ini untuk mengurangi rasa sakit, jd aku pasrah aja, ternyata ketika dokter dtg dia bilang pembukaan terlalu cepat beresiko pendarahan ketika lahiran jd dkasi suntikan perlambat kontraksi..

sejak itu aku jarang skali merasa kontraksi, jam 3 pagi bukaan lengkap, tapi blm mulas sama sekali..
dokter ud berpesan klo mulas lgs mengejan aja, tp tak kunjung berhasil, tiap mulas dikit trus mengejan tp mulas lgs hilang lagi,, aku diinfus untuk jaga2 klo pendarahan, trus diinduksi jg, tpi ga kunjung mules,, udah coba posisi miring kiri kanan, jongkok dgn susah payah karena sambil diinfus😦
tetep ga mules, sampe suster yg nemenin jg bingung karena aku masi sempet senyam senyum en ngobrol sama suami,,
bukaan lengkap udah hampir 3 jam blm mules jg akhirna dokter nawarin vakum, karena udah di ruang bersalin hampir 4 jam.. jd aku setuju aja supaya cepet hehhee

nahh pas divakum ini dokter bilang ntr bantu dorong ngejan skuat tenaga,,, naahh baru dehh teriakkk soalnya sakit bgt divakum untungnya cm 1-2 menit terus Fira lahir, ilang de sgala sakit vakum itu.. mgkn karena bukan proses alami ya mana disuru ngejan tanpa mules pula :((

tapi alhamdulillah smuanya sudah terlewati dengan sehat dan selamat, Raissa Saphira Raharjo lahir 6 maret 2010 jam 6 pagi, melalui proses persalinan dari bukaan 1 hingga lengkap selama 5 jam yg cukup cepat untuk anak pertama..ditambah 3 jam bukaan lengkap yg tak kunjung mules hehe, total nya 8 jam sampe Fira lahir ^__^

—-

btw proses persalinan anak pertama itu bukaan 1-2 bs berhari2, beda2 jg tiap orang, mulai bukaan 3-10 biasanya lebih cepat, normalnya 1 jam tiap bukaan untuk anak pertama, trus kelahiran bayi en plasenta, bgitu de

jadinya klo yg kurasakan nih manfaat hypno nya lebih ke rasa tenang en selalu positive thinking🙂 supaya persalinan cepat dan lancar,,,🙂

 
3 Comments

Posted by on October 8, 2010 in Our Days

 

Tags: , ,

3 responses to “lahirnya fira

  1. Diar A.

    October 9, 2010 at 10:46 am

    Selamat ya, Mbak Ami🙂 Boleh tanya, hypno birthing itu sebenarnya ‘bentuknya’ bagaimana ya, Mbak? Apa cuma dengan kata-kata encouragement dan penenang dari suami yang mendampingi atau bagaimana, ya? Terima kasih dan sekali lagi selamat atas kelahiran bayinya🙂

     
    • hablursalju

      October 11, 2010 at 7:18 pm

      tengkiu, hypnobirthing sbnrnya memasukkan sugesti positif ke dalam diri selama proses kehamilan, sugesti tsb diprogram ke alam bawah sadar (alam bawah sadar kurleb 88% mengontrol tubuh kita), sugesti tsb mudah masuk ke alam bawah sadar apabila kita dalam kondisi rileks, saat itu gerbang alam bawah sadar kita terbuka untuk sgala hal yg akan dimasukkan (dalam hal ini misalnya encouragement dan sgala hal positif lainnya), dengan demikian tubuh kita secara otomatis akan lebih positif, tenang, dan stabil emosi selama kehamilan, untuk persalinan sendiri insylh akan berjalan dengan lancar🙂

       
  2. intan

    October 29, 2010 at 9:43 am

    Fotonya Fira dooooooooooooooooooonk

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: