RSS

3rd preg: 5 – 6 weeks

20 Oct

tulisan2 tentang kehamilan ketiga ini akan kutandai dengan “3rd preg” dijudulnya ^_^

iya benar, ini adalah kehamilan ketiga: yg pertama BO (akhirnya kuret), yg kedua (pake terapi) en lahirlah fira (maret 2010)

visit 1 (dr. harjono, OMC pulomas, sabtu 15 okt 11, usia kehamilan 5w6d)

pagi jam 7 udah brkt dari rumah berdua suami aja, dokterku ini jam 6 pagi udah praktek,, sampe omni jm 8, langsung daftar ke suster di lantai 3, en mengantri satu orang sblm gw.. smpet obrol2 bntr ama si suster cantik yg masi inget ama gw hehehe,, lumayan mengurangi mules n mual gw karena mau periksa (mulai dari khawatir BO, keadaan ky fira dulu en telat mulai terapi, dan kekhawatiran2 lainnya yg abnormal) hehe..

giliran gw nih,, masuk ruang dokter, ditnya2 ttg fira udah bs apa dll, minta maaf karena ga pamitan wkt itu lgs pindah ke rs yg lebih deket dari rumah, sampe akhirnya skrg kenapa? hehe “kayanya saya hamil lg dok”, ketawa2 aje dokternya,, langsung periksa d, as usual klo <12 weeks pake usg trans-v

(mgkn gbrnya kurang jelas nih krn gw foto pk hp)

nah keliatan di usg cuman kantungnya saja, ga ada janin di dalamnya, mustinya umur sgni udha bs keliatan janin dan berdetak jantung loh..

ukuran SAC (kantung kehamilan): 15,4 mm (5w4d), harusnya 18,3 mm

ukuran CRL (janin): – (tidak ada), harusnya 3,1 mm

ini percakapannya:

Dokter (D): keadaannya sama ky hamil2 sblmnya ya? kynya emg udah bakat tiap hamil bakal bgini

Gw (H): iya dok .. *speechless, untuk yg ketiga kalinya hal yg sama terjadi*

D: ya udah suntik aja ya, double dosis ya?

H: satu dosis aja dulu dok, dulu fira jg satu dosis dulu hehehe *ngeles biar ga byr mahal* ^_^

D: ok, satu dosis dulu, ntar kita lihat lagi perkembangannya, pake crinone ya

H: ok dok,, dulu jg bgini dok treatmentnya..

trus dapet suntikan jov10 di pant** yg ga berasa samsek, cuma ky dioles kapas dingin doang hehe, dulu gw pnh nanya “ko suntikannya ga berasa dok?”. dijawab “iya ini kan jarum suntik bayi”

H: saya masi nyusuin dok, ada pengaruh ga?

D: iya musti dikurangin tuh, pengaruhnya bisa hambat perkembangan adiknya

H: ntr coba dikurangin dl d frekuensinya

abis itu gw diresepin: promavit, BG, cal-95, dan vibrion (masing2 30 pcs, @1x shari), sama dikasi crinone 14 pcs (simpen di kulkas, pake 2x sehari)

rabu depan gw disuru balik kontrol lg

biaya2nya,,

kontrol (usg n prin): 450rb

admin rs: 25rb

resep vitamin2 cuman nebus separo (masing2 15 pcs) : 300rb an (lupa tepatnya)

suntik jov10 (buat perkembangan janin): 750rb –> transfer ke dokter

crinone 14 pcs : 1,75 jt –> transfer ke dokter (total sama suntik jd 2,5jt)

sekilas info si crinone ini isinya progesterone gel, sebelumnya gw pnh dikasi duphaston, cygest, ama dsog2 sblmnya tp no efek di kandungan gw.. (tetep ga berkembang janinnya), menurut dokter ini emg udah bawaan gw yg kurang nutrisi dalam kandungan untuk perkembangan janin jd musti support dari luar jg..

visit 2 (dr. harjono, OMC pulomas, rabu 19 okt 11, usia kehamilan 6w3d)

langsung usg aja, hasilnya:

SAC 22,7 mm (6w4d), perkembangan 100%

CRL 2,3 mm (5w5d), perkembangan 36,50%

jadi sekarang dalam kantungnya udah ada janin!! en dia HIDUP karena berdenyut2 teratur, tapiii ukurannya kecill..

akhirnyaaa hari ini gw dapet suntikan lagi yg double dosis (jov20 seharga 1,5jt)

crinone skrg dipake 1x sehari aja karena kantung udah bagus, jadi yg mo digedein anaknya nih maka itu dapet suntikan dobel dosis ituh,,

sempet nanya jg apa ada pengaruhnya ga minum susu, kata dokter ga ada pengaruhnya, dia jg ga pnh nyuru pasiennya minum susu..

menurut dokter, dia skrg ngejar perkembangan janin harus sempurna sebelum 8w karena usia 6-8w adalah perkembangan organ2 supaya sempurna, klo keadaan ky skrg dibiarkan perkembangan telat2 terus, amit2 katanya bisa cacat karena organ ga sempurna :(( (amit2 *ketok2meja*)

biaya konsul hari ini 250rb (karena dalam masa pengejaran istilah dokter hehe, klo gw nangkepnya klo dalam seminggu gw balik 2x biasanya visit kedua nya itu lebih murah), plus admin rs 25rb, jd total 275rb, plus transfer 1,5 jt ke dokter buat suntikan tadi

truus kan gw bawa fira ama mbak hari ini (pake taksi, ga bole nyetir, ga ada yg anter), jadii hari ini jg pertemuan fira ama dokternya hhehhe,,

pulangnya ktemuan ama Bibie sama mamanya en Deo

 
8 Comments

Posted by on October 20, 2011 in pregnancy

 

8 responses to “3rd preg: 5 – 6 weeks

  1. yudith

    October 21, 2011 at 2:46 pm

    Mba Dina,
    terimakasih banyak atas liputannya:)

    Crinone dan suntik Jov itu harus cash ya transfer ke dokernya?
    ga bisa pakai credit card ya?

     
  2. hablursalju

    October 21, 2011 at 3:01 pm

    klo ga cash, transfer bca/mandiri, klo pakai cc blm pnh tanya mba..

     
  3. rina

    October 26, 2011 at 2:37 pm

    dinaaa…smoga lancar terus y kyk kehamilan kedua🙂
    “sempet nanya jg apa ada pengaruhnya ga minum susu, kata dokter ga ada pengaruhnya, dia jg ga pnh nyuru pasiennya minum susu..” itu mksdnya ga usah minum susu gpp din? tp di postingan brikutnya yg sm dr laennya (btw KMC itu apa y? ;p), itu lu diblg kudu minum susu min 2x sehari…

    Pas abis kuret, u cek udah bersih atau belumnya , ke dr yg mn din? gw lg cr dr buat second opinion buat nti cek udah bnr2 bersih apa blm neh..hehehee

     
  4. hablursalju

    October 26, 2011 at 3:30 pm

    hai rin, klo menurut dokter harjono si ga wajib minum susu, klo kata dokter ridwan (kemang medical care) si wajib katanya, mgkn karena gw blg klo gw menyusui ya.. tp gw pribadi penganut minum susu itu wajib soalnya gw takut knapa2 (ibu2 parno jadinya)

    wkt abis kuret gw cek ke dokter yg menguret heuheu, abis itu gw percaya aja lah sama dia ^_^, trus gw cek torch, langsung abis 3 bulan gw siapin diri hamil lagi😀

     
    • rina

      October 31, 2011 at 4:19 pm

      oh gt…gw nanya dr gw yg menguret, dia blg ga mesti test TORCH lg…sebaiknya gw tesl lg x y din? trakhir gw cek pas gw tau hamil, 4 bulan yg lalu…

       
  5. hablursalju

    October 31, 2011 at 5:15 pm

    kayanya ga perlu tes lagi deh rin, klo gw wkt itu karena blm sempet tes waktu hamil, jd pas udah kuret baru penasaran sama hasil tes nya😀

     
  6. ibukreatifninovatif

    July 27, 2012 at 5:34 pm

    mbak,kehamilan pertama ku tahun lalu jg hrus di kuret krn gak berkembang,n skrg alhamd dah hamil lgi msuk usia 8 minggu,tp kok yg terlihat d usg ny msh cm kantong ny ja y?pa ni bkal gak berkembang lgi y? n apa kasus qt sma y mbak?klo sama,ni di palembang dokter ku belum prnh nyaranin u kasih suntikan jov n crinone…aq jdi bingung n cemas nih, takut kejadian dlu terulang lgi..😦

     
    • hablursalju

      July 29, 2012 at 8:50 pm

      salam kenal jg mba, mm apakah sudah coba konsultasi ke dokter androlog mba?

       

Leave a Reply

 
