RSS

Tag Archives: BO

about BO (4)

masi ada lanjutannya edisi BO ini hihi,, jadi hari jumat gw kontrol lg ke dokter Radit setelah seminggu abis kuret, setelah usg, hasilnya kata dokter rahimnya dah bersih, cuman masalah gw sering sakit perut en blom selesai flek en bleedingnya karena sisa2 dalam rahim aja biasanya 7-10 hari baru bersih.. soal obat 3 macem yg dikasih kmarin itu ternyata ada efek ke lambung, scara gw ada maag jadi suka sakit ky maag gt jadinya, padahal ini obat dah habis selasa-rabu gt, tp efeknya masi ada katanya sih agak lama ya efeknya, jadi kmgkinan nyeri2 perut gw karena efek obat Pospargin nya buat uterus itu jadi suka kontraksi rahim, gw dikasih obat lagi biar cepet bersih tp katanya bakalan mules, jadi dikasi obt penghilang rasa sakit jg, pas pulang dari dokter kn dah jam 12 malem, apotik dah tutup jadi blom beli obatnya, kali ini obatnya lebih aman buat lambung gw mustinya, cuman kata dokter klo maag gw masi nyeri akibat obat terdahulu maka gw bisa minum obt maag biasa aja,,si dokternya ngasi gw alamat email katanya ak sering online ya (huee kok tahu ya dia, mgkn dia jg ikut di salah satu milis gw kli yah) ya dah gw bilang aja de, iya dok saya kan miss online hahaa…

sabtunya perut gw dah mendingan, cmn sakit2 dikit, tp ga mengganggu lah spt rabu ampe jumat yg sakitnya suka tiba2 nyeri bener.. abis nunggu kaka pulang dari pameran komp, gw pergi ke bengkel naro mobil, trus ke lab klinik kemanggisan buat ambil darah tes torch gt, trusss resep obt dokternya ketinggalan, bodohnyaa,,, ya dah gw pas balik ke bengkel sih ga gt sakit perut, abis itu rencana mo belanja kbutuhan di permata hijau itc dan gw pikir kynya dah sehat neh klo ntr kuat sampe rumah berarti ga perlu beli obat ah,, soalnya ak rada males byk konsumsi obt gt.. biarkan tunggu bersih alami aja deh.. sejauh ini gw mikirnya bgitu,, bener ga ya hehe

Advertisements
 
2 Comments

Posted by on March 1, 2009 in Our Days

 

Tags: ,

about BO (3)

Mudah2an ini adalah part terakhir about BO.. hari jumat lalu akhirnya gw dikuret (20 feb 2009) di usia kandungan 10-11 minggu, gw mulai puasa dari jam 12 siang abis makan siang tentunya hoho.. menjelang sore dah mulei lemes2 de mulai kerasa laper.. :p kaka pulang cepet dari kantor buat anter istrinya ini ke dokter :p sekitar stgh 5 sore, gw, kaka, en nyokap gw nyampe di tempat praktek dokter Raditya, sampe sana abis daftar trus sms in dokter, udh ada org2 yg ngantri en byk med rep disana.. kira2 jm 5 gt gw dipanggil masuk ama suster ke ruang kuret, mulai serem deh, soalnya cuman ada gw en si suster itu, gw bbrp kali tny dia apakah boleh ditemenin suami, tp katanya ga boleh,, 😦

si suster terus mulai nyari pembuluh darah gw buat disuntik tempat infus yg ntar nya buat suntik2 obat gt deh,, pertama suntik.. sakit dikit.. trus gagal so jarum suntiknya dicabut lg dari tangan gw (siaul) si susternya bilang ke gw, jangan takut dong! jadi susah nih nyari pembuluhnya (yey lagian siapa yg takut en tegang, org lemes gini blon makan), gw pertama diem aja deh,, dalem hati ni berkata yah seperti biasanya..tangan gw emg susah nyari pembuluhnya,, *grr*, suntik kedua…. jeng jeng,, lebih sakit dari yg tadi.. gagal lagiiii oh noo, jarum suntiknya dicabut lg, gw mulai frustasi, duh ni orang bisa nyuntik ga seh… * mulai emosi jiwa* dgn agak kesel gw bilang aja ke susternya, klo gw emg susah cari pembuluh darahnya bukan karena gw takut, coba di tangan satu lagi neh di kiri kynya ada yg keliatan pembuluh darahnya, waktu infus operasi jg disuntik disitu kok! heuuuu cape deh.. tp sis suster kaga mau aneh de.. akhirnya suntikan ketiga tetep di tangan kanan gw tapi kli ini di punggung tangan, menurut dia seh lebih sakit daripada di siku gt, mampus deh gw,, pasrah mode on.. akhirnya berhasil jg deh pasang suntiknya.. *sigh*.. trus gw disuntik apa gt ky air kaata suster sih, ga lama kemudian disuntik lagi cairan ky penenang bius gt kata suster..setelah tragedi suntik menyuntik kelar,, suster beres2 en ninggalin gw, lama2 mulai akrab jg ama ni suster yg sblomnya rada rese menurut gw.. hhh.. tp kynya dari suntikan2 tadi ga ada efeknya rasanya ke badan gw..

kira2 jm 6 kurang seperempat, dokter masuk, ama 2 suster (termasuk yg tadi), begitu dia masuk, gw terus disuntik (lagi), kt dokter klo ntr ngantuk jgn dilawan yah, seketika selesai suntik, gw lgs teler en gak sadar lagi rasanya,, tau2 jam 6an gt (kira2 cuman 15 menitan proses kuret en ga sadar apa2 gw) gw dibangunin suster.. gw lgs liat jam en kaget, hoh kok cepet ya.. sejenak gw ngerasa2 tp ga kerasa apa2 di badan gw.. suster nawarin buat panggilin suami gw. yap okay, well kali ini gw lgs bisa gerakin badan gw,, (klo dl gw bius total operasi setelah 3 jam gak sadar, gw masi perlu waktu lama buat bisa gerakin badan gw smuanya), kaka trus nemenin gw en cium gw en kliatan dia abis stres kynya nungguin gw, hehe..

bbrp saat gw tiduran.. gw ga suka ruangan kuret itu,, rasanya pengen cepet kluar, susternya bilang klo gw dah ga pusing baru boleh jalan keluar.. gak lama setelah dia bilang, gw lgs coba bangun aja deh, pengen cepet sampe rumah rasanya heheu… ternyata emg pusing,,, tp gw masih bisa mikir en jalan dgn bnr… akhirnya gw keluar aja sama kaka.. gw tunggu di ruang tunggu ama nyokap.. trus kaka beresin bayar2 en ambil obat buat gw (susternya td bilang klo gw td dah dimasukin obt penghilang rasa sakit ke anus jadi jgn buang air besar dl dalam satu jam) btw gw baru oleh makan en minum klo dah ga pusing katanya, soalnya khawatir mual..

sampe rumah gw tiduran aja di tempat tidur, kepala gw pusing banget klo lama duduk.. masih efek obat bius rasanya.. jadi disuapin kaka terus aja di tempat tidur :p malem itu gw makan roti ama teh manis deh..trus minum obat (antibiotik, anti sakit, ama obt buat balikin uterus ke kondisi normal gt) trus istirahat,, bersih2 pk tisu basah doang :p malem2 gw pengen buang air kecil, kaka masih khawatir jd selalu bantuin gw duduk, gw rada takut jg pas pertama kali buang air kecil, ternyata ga kerasa apa2..cuman ky haid hari terakhir gt deh.. 

besok paginya (sabtu) gw pagi2, mais dibantuin kaka bangun dari tempat tidur sih, gw dah ga pusing *senang* trus gw lgs duduk aja di meja makan, makan dengan rakus lagi wkakka,, rasanya dah baik deh.. cuman klo lama2 duduk gw masi suka sdikit kerasa kram2 perut.. jadi tetep byk istirahat di tempat tidur jg sih..

hari minggu jg gt.. istirahat di rumah aja, sorenya, bapak en ibu mertua ama adiknya kaka paling kecil jenguk ke rumah.. mereka khawatir ama keadaan gw, tp bingung jg liat gw yg bukain pintu,, :p dikirain gw dah ga bisa bergerak karena mertua gw dulu keguguran sempet dirawat di rs dulu.. mungkin jg karena gw ga sempet keguguran alami jadinya masi flek gw lgs kuret,,mertua gw bilang si klo keguguran ada cuti 1,5 bulan tu aturan pemerintah,, di kantor gw ada ga si? 

senin selasa jg masih istirahat..

rabu gw coba masuk kantor, tp ternyata gw belom kuat, bgitu nyampe elnusa, perut gw lgs nyeri rasanya,, aneh deh,, selama di kantor jg sering sakit2 perut, en akhirnya siang gw jg pusing en mual, tp mendingan rasanya klo gw sandaran di kursi.. akhirnya gw jm 3 ijin pulang ke rumah de… *hiks* sampe rumah sakit2 terus perut gw,, padahal dari sabtu ampe selasa gw di rumah si ga gt sering sakit.. 😦 oiya di kantor ternyata klo keguguran bisa cuti maks 1,5 bulan tgt surat dokter/bidan yg ngerawat loh gw baca di KKB dalam portal :p tp kata temen kantor gw biasanya si 102 mggu cutinya abis kuret mah..

hari ini (kamis) sakit perut nya masih sering nih,, plus pusing en mual (pusing klo kelamaan tiduran), tp sakit perut klo kelamaan duduk.. serba salah dehhh… malem ini gw mo ke dokter ama kaka.. kontrol sminggu setelah kuret, mustinya besok sih, tp diputusin hari ini aja, karena gw sakit2 terus kata kaka mending cepet ke dokter aja….. dah dulu ya, sakit lg nih perut gw… *sigh*

 
1 Comment

Posted by on February 26, 2009 in Our Days

 

Tags: ,

wk

dulu pas sblom merit sering cari referensi di weddingku.com (WK), kli ini gw kembali merasakan manfaat web ini, hehhe.. forum2 diskusinya cukup rame hehe,, blakngan ini sering sharing ama ibu2 di WK hhihi.. http://discussion.weddingku.com/discussionclass.asp?fld=0&sortOrder=&discussionID=629397&discussionTypeID=41&page=3, hihi gw pk nick name “dira” (from DIna RAhmi) :p thx ya wk-ers!! jg buat temen2 gw yg dah support gw 🙂 *big hugs*

 
Leave a comment

Posted by on February 20, 2009 in Miscellaneous

 

Tags: ,

about BO (2)

helo.. lama ga nulis nih.. hari ini daku mo menulis kejadian2 belakangan ini yg terjadi huheu.. maklum gw disuru bed rest ma dokter selama seminggu jadi ga boleh byk gerak2 jg.. gw mulai cerita dari minggu lalu deh..

rabu, 11 feb ’09

karena hari ini gw ga bisa cuti.. akhirnya gw ijin setengah hari ama atasan gw.. paginya gw en kaka ke OMC Pulomas buat ketemu dr. Harjono, sp.And. gw ma kaka dari rumah jm 7 pagi ky biasa pergi kantor lah hue,, sampe sana kurang lebih jm stg 9 ketika gw dah nunggu depan ruang praktek.. masi sepi, dingin banget, nih RS baru buka kynya.. tp sblum gw dah ada 2 pasien lainnya..

kira2 satu jam nunggu baru giliran gw,, gw jelasin de ke dokter klo gw dah ke 2 dokter obgyn en 22nya suspect gw BO (janin ga berkembang) en gw dikasi tau temen (rina) yg kakaknya pernah ngalamin hal yg sama ky gw en ditanganin ama dokter.. singkat cerita, gw di usg, dari hasil usg terlihat ada janin yg ukurannya 3,6 mm dari seharusnya 3 cm untuk usia kehamilan 9 mggu ky gw ini (padahal di dua dokter obgyn seblomnya kantung janin gw bnr2 kosong),, jadii janin gw itu cuman 11% dari ukuran normalnya! dokternya bilang gw da terlambat sepertinya, saat ini dia ga tau keadaan janin gw gmn, ibarat orang, apakah dia sakit, koma, atau sehat cuman kurang nutrisi, dia bilang gw ga terlihat adanya corpus luteum (CL) yg hasilin progesteron buat perkembangan janin gw, katanya klo dari awal dah ketauan harusnya da bisa diterapi,, akhirnya gw ditawarin mo tetep coba apa ngga, dia ga yakin bisa berhasil karena dia ga tau kondisi janin gw itu.. satu suntikan buat rangsang pembentukan CL itu kira2 700rb untuk satu dosis, klo dosis lebih bagus 1,4 jt, ini ky gambling dia bilang, di saat kita ga tau kondisi si janin, ibarat org klo dikasih makan klo orgnya dah sakit tetep ga bisa makan kan, klo sehat ya bisa tumbuh, gt kata dokternya.. akhirnya setelah mikir2 akhirnya aku en kaka setuju buat coba dulu soal hasilnya dah diatur ama yg diAtas deh.. akhirnya gw disuntik satu dosis, hari sabtu gw disuru balik lg buat liat perkembangan janin gw.. selain itu gw ga dikasih obat lain, selesai bayar2 di kasir buat biaya konsultasi, admin, en buku, totalnya kr2 300rb an, gw terus transfer bayar suntik itu ke dokter, gw trus lanjut ke elnusa.. kaka nungguin gw di kantor, trus gw dianter ke MUI, pulang dari sana, sorenya gw mulai flek2 tp dikit en masi agak samar..

 

kamis, 12 feb ’09

gw ke kantor ky biasa, pulangnya gw cuman nebeng temen ampe pd. pinang trus gw lanjut naik angkot ampe rumah.. huhe cape,, sampe rumah.. again.. gw flek lg..

 

jumat, 13 feb ’09

gw ke kantor ky biasa, yg jelas ni hari gw sibuk banget2 en gw stress.. dan.. gw mulai pagi, siang, flek2 en gw frustasi ampe rasanya kaki gw nyaris gemetar,, gw lgs hubungin dr. Harjono, kata dia kita liat besok dulu.. thx God hari itu gw nebeng ama mb Dip ampe deket rumah, gw cerita ama dia.. duh gw bnr2 takut.. malemnya gw sms-an ama nykap gw yg dah hampir 3 mggu di kampung halaman, makassar. beliau cuman bilang “ami cuti dulu sampai kandungan kuat”,, well gw ga bales lg deh, dah speechless..

 

sabtu, 14 feb ’09

happy valentine my friends, tp bagi gw ada hal mendebarkan lainnya,, gw pagi2 dah nunggu depan ruang praktek dr. Harjono.. entah gmn nasib gw hari ini.. setelah diperiksa, usg transv dan transabdomen, dokternya bilang klo plasenta penting ke janin gw ada yg putus so gw jadi flek2 en bleeding,, oh ok.. lalu dia jelasin jg klo ukuran janin gw tambah lebih besar (jadi 20% dari normal) en kantung janinnya jg (dalam 3 hari), tp bagi dokter, yg paling penting adalah detak janutngnya yg sampe skrg belum kedengeran, jadi dia ga berani ambil langkah beirkutnya, jadi gw disuru balik lagi hari rabu.. 

sorenya gw jemput nyokap gw di bandara.. ya dah gw si hepi2 makan2nya oleh2 dari sana hihi, sambil cerita2 masalah2 gw selama beliau ga ada, heuhue,, nyokap gw cuman nasihatin gw klo fisik gw ga skuat orang2 lain, gw harus cuti kalo hamil, apalagi trimester pertama, dari dulu klo gw kecapean di jalan gw emg cepet tepar en ga kuat.. apalagi skrg gw perlu energi lebih byk klo hamil jadi yah nyokap gw cuman saranin klo gw harus cuti, dan klo emg janinnya ga bagus ya dikuret aja gpp next time mo hamil bnr2 harus disiapin dengan matang dan ga boleh kecapean.. hari ini gw masih flek2… dan agak bingung sambil mikir apakah gw lebih baik lgs kuret aja.. sepertinya tipis harapan buat baby gw.. selain itu nyokap gw khawatir banget klo gw ampe bleeding, takut gw pingsan katanya, soalnya gw lg menstruasi aja biasanya gw sering anemia en pusing2.. sedih de nyokap gw dengernya..

 

minggu, 15 feb ’09

setelah gw pikir2 gw putusin buat kuret aja, kaka hub dr. Raditya, dokter gw yg pertama, ga berapa lama dokter hubungin balik, ternyata abs operasi, dia bilang lgs ke rs. PIK aja skarang.. (dokter emg bilang klo gw flek or bleeding cepet hub dokter), trus setelah tny biaya di bagian kasir via telp, tarif buat kuret skitar 6-7 jt, wew mahal bener yah buat kuret, duit sgitu si klo buat ngelahirin gpp cuman ini kan buat kuret!! hooh.. trus gw mikir2 mending kuret di rsia. tambak aja deh lebih murah yi. 3,5-4 jt, untungnya disana jg ada dokter Botefilia (gini nih untungnya ada bbrp dokter, jadi ada pilihan2, klo dr. Harjono dah pasti blom mau kuret gw), akhrnya lgs aja, gw, kaka, en nyokap gw menuju tambak di manggarai..

sampe sana setelah ditny2 suster en bidan, gw dah masuk ruang bersalin gt, suster en bidan yg nanganin gw agak2 bingung gt kenapa gw yg mgkn masi flek2 dikit gini yakin banget pengen dikuret,.. akhirnya bidannya telp dr. Bote, trus dokternya bilang mo liat gw dl,, akhirnya gw nunggu dokter kira2 2 jam gt trus pas dokter dateng gw lgs masuk ruang priksa nya,, si dokternya bingung karena minggu sebelumnya gw kesana belum ada janin sama skali tau2 skrg ada janinnya en muncul kuning telur suplai makanannya janin gt, akhirnya ama dokter Bote gw kaga bole dikuret, jadinya gw dikasih penguat kandungan berupa hormon progesteron katanya kmungkinan gw kekurangan hormon itu jadi telat perkmb janinnya.. susternya cuman bilang gini ke gw, untung blom dikuret ya (sambil snyum2) hum.. iya gw jg baru liat klo tau2 ada kuning telur sgala.. dokternya cuman bilang tp masi tetep 50:50 tp kita coba dulu aja yah Din.. gt kata dokter.. gw diaksih Cygest untuk 7 hari, dan selama seminggu gw harus bed rest, tp dokter tetep pesen klo pendarahan lgs ke rs yah..  soo gw kaga jadi kuret, tp kudu bed rest seminggu..

 

senin, 16 feb ’09

gw mulai bed rest hari ini, mertua gw (ibu en bapak) pagi2 dateng jenguk gw, mereka khawatir banget ama keadaaan gw katanya.. akhrnya gw obrol2 ama mereka en nyokap gw,, ampe siang..trus gw baru mo istirahat nih, tp gw ada kerjaan kantor yg harus gw kerjain, jadi gw minta temen kantor gw buat emailin en gw kerjain trus hasilnya gw email2 ke Jc,, kelar itu gw lgs tidurannn,,,,, flek muncul lagi deh..

 

selasa, 17 feb ’09

gw bener2 byk baringan aja hari ini, cuman makan tidur en ntn dvd,, flek gw lebih dikit dari biasanya en gw bnr2 mencoba menghilangkan stress dari pikiran gw..

 

rabu, 18 feb ’09

gw masih flek, jadi takut jg, perut gw jg berasa ga enak.. ga sabar mo ke dokter besok rasanya.. gw cuman flek pagi trus berenti karena gw ga byk gerak hari ini, malemnya gw kluar bentar ke rumah mb Dip.. malemnya lgs flek2 lagi, hiks, bener2 ga bole byk gerak kynya 😦

 

kamis, 19 feb ’09

hari ini, gw ke dr. Harjono, berita buruknya adalah kantung janin gw da kemasukan aliran darah, dan itu artinya dah ga ada harapan lagi buat dipertahanin kan.. dokter ngasi 2 opsi seperti dokter2 lainnya, yaitu obat or kuret.. plus minus dari yg dah gw browsing2 di inet yah

klo obat, harganya lebih murah, bbrp ratus ribu, sakitnya katanya luar biasa tuh pendarahan, ky ngelahirin, gw bayangin diri gw serem jg takut pingsan karena kurang darah rasanya.. atau bisa jg karena liat darahnya karena gw ga tahan liat byk darah.. ko pk obat ga bersih rahimnya maka harus dikuret juga karena klo ngga bersih bisa nimbulin penyakit2.. tapi klo pake cara ini, bisa lgs program hamil lagi

klo kuret, cuman sakit pas suntik bius, trus dalam bbrp menit selesai kuretnya (skrg pk vakum kata dr. Harjono jadi 1-2 menit selesai klo disini) cuman obt biusnya 3 jam baru ilang, klo yg kurang dari 3 jam biusnya?? ga ada, ada pun jg kamu bakal tetep ngerasa sakit nya kata dokter (hiiy), abis kuret yah dah bisa aktifitas normal, tp abis kuret ga boleh hamil dulu tuh ampe 3-6 bulan, soal  biaya cukup mahal

dokter Harjono saranin buat pake obat, tiap satu jam diminum, makin mules tmbh minum, klo ga kuat banget hentikan minum obat, ntr klo di usg dah bersih ga perlu kuret, klo blom bersih kudu kuret jga (sigh), oh ya hari ini jg urin gw di tes hCG en masih positif (tes kehamilan itu) menrutu dokter klo gini berarti masi kuat akar janinnya ke rahim agak sulit pake obat tp dicoba aja karena kuret mahal kata dokternya (3,5-3,6 jt sama dokter ini) katanya si uang sgitu mending dipake buat yg lain misalnya buat hamil berikutnya.. klo emg mau lgs kuret ntr sabtu tp dia suka bilang gini kenapa sih takut bgt ama sakit ya.. kaka jelasin klo gw gmpg anemia jadi takut nya gw kenapa2.. gw bilang de ama dokternya klo gw akan pikirin dl..

kluar dari ruang periksa susternya nawarin mo ambil obt ga tp gw jelasin ke susternya klo gw masi mo pikir dl kynya oengen lgs kuret aja tkutnya pake obt dah sakit trus ga bersih kan ujung2nya kuret jg.. heu.. 

sampe rumah,, setelah diskusi ama nyokap, nyokap saranin buat lgs kuret aja klo da ky gt daripada minum obt sakit trus entar bisa2 kuret jg mending lgs kuret aja, gw pikir jg gt jadi gw bilang ama kaka klo gw mo lgs kuret aja de, kaka telponin dr. Raditya heuheu again,, pasti bingung nih dokternya.. akhirnya bikin janji deh kuret hari jumat (besok nih) jm stg 5 sore.. di tempat prakteknya en thx God biaya nya jg lebih murah sktr 2,2-2,6 jt blom tmsk obat.. klo ke tempat dokter ini gw cuman luruss doang dari rumah,, sampe deh, gw ditemenin nyokap doang besok, soalnya kaka ga enak ijin lg hari ini dah ijin  stgh hari anter gw ke dokter soalnya :p fyi kuret di dr. Raditya iini jg pake vakum, 2 mggu lalu pas gw ke dokter Raditya dia dah jelasin untuk kedua opsi ini pas pertama kli gw divonis BO.. wish me luck..

 
2 Comments

Posted by on February 19, 2009 in Our Days

 

Tags: ,

about BO

hi temans, dah berapa lama ya tidak menulis.. kli ini gw akan menulis ttg keadaan kandunganku yg ga tau gmn kelanjutannya.. 

kamis, 05 feb 08

setelah dari sabtu lalu gw ngerasa tidak begitu mengalami gejala2 hamil yg signifikan, perasaan gw mulai bertanya2.. ada apakah dengan kandunganku ini.. harusnya minggu lalu gw cek ke dokter cuman entah kenapa rencana jadi minggu ini.. sejak sabtu itu, feeling gw da ga enak, senin ampe rabu sbnrnya gw pengen ke dokter cuman gw bnr2 ga bs ke dokter karena bbrp hari pulang malem en rabu kaka jg les, akhrnya gw maksain diri buat ke dokter kamis.. ok, gw nyampe di praktek dr. Raditya jm stg 8 malem, setelah daftar trus nimbang en ngukur tensi darah, gw ambil nmr antrian 26!! wew.. waktu itu baru mo nmr 10, so gw balik ke rumah aja,, di rumah gw makan en tidur heuheu,, trus kaka nelp lagi tempat praktek dokter en tny da nmr berapa,, baru nmr 15,, wew, ya da gw mulai mo tidur lagi de,, stg 10 malem akhirnya kaka ngajak ke dokter, sambil ngantuk gw ngikut de, sampe sana….. baru nmr 18 apa 19 gitu,, huheuheue masi lama benerr,, gw ampe sempet nyari makanan lagi en dgn sukses beli nasgor deket tempat praktek dokter, trus makan en nungguu lagi… akhirnya menjelang stg 12 malem gw baru dapet giliran masuk.. 😮 

waktu ktemu dokternya en bertanya gmn keadaan gw, gw cuman bilang klo skrg da gt kerasa mual2 dll, trus dokternya cmn senyum2 aja blg klo wah kamu dah mulai menikmati masa kehamilan,, humm gw masi belum excited.. gw masi worry ama feeling gw..

pas usg, bnr aja, dokternya bilang hm.. aneh ya, harusnya umur sgini dah keliatan baby nya en kedengeran detak jantungnya, terus agak lama cari2 di skitar kantung janin gw, tp juga ga ktemu penampakan janin nya,, ya dah de gw pasrah aja..

abis itu konsul lagi ama dokternya dia bilang itu kemungkinan Blighted Ovum atau embio yang tidak berkembang alias kehamilan kosong.. *well gw dah agak curiga blakangan ini gw dah broswing2 ttg BO di inet,, gw agak tidak terlalu terkejut ama penjelasan dokternya.. meski masi berusaha menerima kenyataan itu* menurut dokter itu ga tau penyebab pastinya tapi ada kemungkinan2 yaitu kondisi saaat pembuahan yg kurang bagus en pembelahan kromosom yang ga sempurna sehingga embrio ga berkembang, selain itu jg bisa terjadi karena infeksi misalnya bisa ketauan dari hasil tes torch, selain itu jg bisa terjadi karena kekentalan darah ibunya yang membuat oksigen dan nutrisi ke janin ga tersampaikan dengan baik gt de.. hauh.. trus yah gw tny, jadi gmn dok selanjutnya apakah harus dikuret? dokter bilang ada 2 macem cara bisa dikasi obat biar luruh atau kuret, dia jelasin klo pk obat harus dipantau setelah nya apakah rahim sudah benar2 bersih, klo pk kuret skrg ada metode vakum jadi ga pk metode sendok ama apa gitu ga ngerti de..smacem buat bersihin rahim manual kli, katanya klo mo kuret nanti bikin janji sebelum jam praktek dia, kira2 2 jam an prosesnya trus bisa pulang, katanya ntr dibius lokal en dibuat tidur, trus bisa beraktifitas lagi.. *tetep aja gw serem dengernya, meski gw da pnh ngalamin operasi bius total tetep aja nama kuret bikin gw horor* tp dokternya jg bilang klo mo tunggu seminggu en cek lagi bole untuk memastikan tp harapannya ga besar juga.. dia bilang melihat ukuran kantung janin gw skrg, ada kemungkinan terjadi flek atau pendarahan dalam bbrp hari ke depan,, hik, katanya apabila terjadi flek or gejala pendarahan lgs bisa hub dokter di nmr hp yg ada di kartu pasien, dan apabila terjadi pendarahan hebat tengah malam lgs ke Har-Kit aja ke ruang bersalin, jgn ke UGD karena disana bisa nunggu percuma katanya.. hmm ok, gw akan inget nih en jaga2..dokternya jg pesan buat gw klo mungkin ini berat buat gw karena ini kehamilan pertama gw en harus ngalamin ini, tp jgn khawatir katanya itu bukan berarti ntr susah punya anak, istri dokter itu jg pnh ngalamin en skrg mereka da punya anak 3 en ga sedikit org yg ngalamin BO dalam kehamilannya, hari itu jg ada 2 pasien tmsk saya yg BO, katanya jgn putus asa, byk berdoa, kita lihat lagi mggu depan.. 🙂

sampe rumah gw kira2 jm 12 kurang, nyaris ga bs tidur gw, kebayang2 klo2 suatu saat terjadi pendarahan or somthng,, karena gw ga akan pernah tau kapan akan terjadi.. hiks.. jadi tiap kli gw mo ke kamar mandi rasanya gw khawatir menemukan hal2 yg ga diinginkan..di tengah gw sedih en khawatir juga bingung untungnya kaka selalu ngasi dukungan buatku klo kita tunggu aja dulu sampe sminggu untuk pastiin keadaan calon baby..tp misalnya takut keburu terjadi pendarahan hebat, apakah ak siap klo kuret? hiks bayangin aja rasanya pengen nangis aja rasanya..kaka cm bilang coba kita sambil tunggu aja dan klo da siap baru ambil keputusan..soalnya dia khawatir klo gw ampe pendarahan mengingat klo gw liat darah takutnya bisa pingsan tiba2 atau anemia parah..

jumat, 06 feb 08

gw masi bingung apakah mending gw tunggu sampe ada tanda2 atau lgs kuret,, gw tny pengalaman mb Dip yg ternyata da pernah ngalamin, katanya pendarahan hebat tengah malem dia sakit banget ky org mo ngelahirin dan pendarahannya bnr2 ngeri diliatnya (gw tmbh takut), bnr2 ga banget katanya dah gitu dia lgs ke Har-Kit en dikuret saat itu juga abis itu sakitnya ilang katanya (kan dikuretnya dibius).. huaa gw frustasi ampe mikir apa lgs kuret aja ya gw takut bayangin pendarahannya blm lagi gw gpg anemia biasanya klo lg dapet.. gw ampe mikir apa sabtu gw kuret aja lgs,,, sblom terjadi apa2.. huhuhu..

hari itu gw kirim email ke milis asiforbaby en sehat, dan hari itu jg gw dapet balasan email dari org2 di milis itu,, ada yg bilang jangan takut dikuret, gak sakit kok en mereka cerita pengalaman2 mereka yg da pernah ngalamin, ada juga yg blg klo coba ke cari 2nd opini dulu, juga ada mb rina yg emailin gw lgs en mo telp klo ada dokter andrologi yg bia terapi hormon untuk menunjang pertumbuhan baby.. thx for u all..

sampe rumah en diskusi ama kaka, akhirnya diputusin besok ke dokter Harjono (sp. andrologi) atau ke dr. Irvan Adenin di rsia tambak yg katanya bagus buat detail scan usg,, 

sabtu, 07 feb 08

sorry Tya gw ga bisa dateng ke nikahan u.. gw harus ke dokter sabtu ini.. hiks.. stelah menimbang2 mending ke dokter mana, akhirnya kaka bilang.. khawatir klo terapi hormon en memaksakan kelahiran baby padahal janinnya emg krang bagus ntr terjadi apa2 ama baby nya, kita ke dokter obgin biasa aja buat 2nd opinion, akhirnya mutusin ke rsia tambak ke dr. irvan, sampe sana, daftar buat dr, Irvannya dah tutup padahal gw sampe sana jm 11 siang (dokternya mule praktek jm 12) waks rame bener dah ni pasien dokter ini (katanya si sehari cm mau terima 10 pasien, ky dokter Evert aja neh..) akhrnya daripada nanggung da jauh2 masa kaga periksa akhrnya ke dr lain aja, dr. Botefilia (cewe), kira2 stg 1 siang gw masuk r praktek dokternya,, gw diperiksa pk usg trans v jg ky di dokter raditya, en hasilnya jg sama, perkiraan sama2 7 mggu dari kantung janinnya, katanya buat org yg siklusnya berantakan ky gw ini heuhue, emg harus hati2 tentuin usia kehamilan,, ama dokter ini gw disru tunggu 2 mggu sambil dikasi vit as. folat.. en pesennya sama ky dokter radit, klo terjadi flek atau pendarahan lgs dateng kesini entar telp dia… T_T dokter ini mayan bijak sih, dia bilang kemungkinannya 50:50 ya tp tunggu aja klo emg dia akan tumbuh maka akan tumbuh nanti tp klo emg kurang bagus maka akan luruh sendiri.. itu karena dia liat di usg klo ada tali2 plasenta yg mulai copot.. *hiks*

mb rina yg waktu itu telp gw soal dokter andrologi kmudian email gw di hari minggu ktika gw kabarin klo gw kmarin ga jadi ke dr Harjono,, mnrt dia sayang banget karena bukan buat paksa janin nya lahir, tp kandungan hormon ibunya kadarnya bisa aja kurang en ga support buat baby, so akan dkter itu akan di terapi hormon  pk suntikan (pengalamn kakaknya berhasil dari ga kedeteksi ampe tau2 muncul detak jantung baby nya) tp klo emg ni janin ga bagus maaka akan luruh sendirinya…secara alami.. dia ga rekomen kuret.. *bngung de* setelah kubicarakan ama kaka dia saranin buat ke dr. harjono hari rabu.. gw masi bingung entah gw dah hopeless,, atau gmn, tp sampe saat ini gw blom ngalamin gejala flek or smthg gt,, mgkin janin nya rada kuat kli,,, tp gw jg ga tau gmn ya harusnya 😦 mgkn ada baikny jg dicoba rabu kesana.. hiks meski gw rada hopeless seh,, tp gw en kaka da sepakat,, apapun yg terjadi pasti yg paling baik buat baby nya.. jadi apa yg terjadi da pasrah de.. hm gw pribadi mgkn.. cuman bisa berdoa en berharap yg terbaik apa pun itu dari yg diAtas.. dan klo2 nanti terjadi tanda2 flek gt kali gw lgs ke dokter buat kuret sblom terjadi pendarahan hebat.. sementara gt de rencananya.. 😦 wish me luck..

 
5 Comments

Posted by on February 8, 2009 in Our Days

 

Tags: ,