RSS

Tag Archives: fira

delapan bulan yang menyenangkan dan tak terasa

wuaaahhhh fira udah 8bulan 13 hari loh hari ini

ngurus baby itu rasanya waktu berjalan sangatttt cepattt

sekarang fira udah mulai suka berdiri, berdiri sendiri beberapa saat trus jatuh lagi deeh ehhehehe

perasaan baru kemarin gendong2 fira baru lahir, tau2 skrg udah pinter ngajak jalan2 di depan rumah

hmm kuinget2 lagi nih ya…

umur 0-2 bulan: lahir 3.15kg/48cm, aktifitasnya semalem suntuk begadang ga bobo sama sekali, disusuin sambil dipangku terus… gendong.. ganti popok berjuta kali (lebay mode on), klo ditaro bangun, sampe emaknya mo mandi ama makan aja musti sedia asi perah (asip), oiya fira sering bgt muntahhhh dikit2 muntah, muntah, muntah lagi sampe lantai… kata dokter gpp mgkn kekenyangan (secara anakku ini bisa setengah jam atau sjam skali nyusu)

umur 3 bulan: bisa tengkurep sndiri horeeeee, tp blm bisa balik sendiri, mulai suka masukin segala macem ke dalam mulut en menggigit2

umur 4 bulan: tetep blm mau balik dari tengkurep! klo di bouncer maunya maju terus2 (a.k.a duduk)

umur 5 bulan: bisa duduk sendiri tanpa disangga untuk bbrp saat en bisa guling2an

umur 6 bulan: 8.1 kg/66cm. horeee lulus asi eksklusif!!!! mulai makan buah2an, trus karbo (6,5 bln), mggu 1-2 masih 1-2x makan sehari, menjelang 7 bln udah 3x makan, trus udah bisa duduk lama, en lagi suka klo diberdiriin

umur 7 bln: makan 3x sehari (buah, karbo, sayur, mostly puree), udha bisa merangkak, sempet sekali jatuh perdana dari tempat tidur (hikzzz, abis itu tempat tidur langsung direndahin), juga suka berdiri2 sambil pegangan, tp kadang dia lepas jg kedua tangannya trus jatuh2 lagi dehh

umur 8 bln: makan 3x sehari plus cemilan buah (udah makan protein nabati en akan gw kenalin protein hewani dalam waktu dekat), ud lebih pinter mengisyaratkan maunya dia 🙂 bisa berdiri sendiri sesaat hehehehe

pas udah 6 bln gw jadi suka baca resep2 makanan bayi en bereksperimen sendiri, hihiihihihi, awalnya fira cuma suka buah2an segar dan manis, tp setelah 8 bln mulai kukasi kaldu ke bubur beras nya dia jg suka makan bubur berasnya,, hehe, klo karbo fira suka oatmeal en kentang, klo buah hampir semua doyan, klo sayur biasa aja dia ga terlalu doyan bgt hehe

*happy cooking*

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on November 19, 2010 in Our Days

 

Tags: ,

lahirnya fira

wuaaa lama bener baru posting lagiii uehueheuue, ternyata punya bebi itu sangat menyita waktu sampe2 emaknya jarang ngeblog lagi hhahaaha

berikut cerita lahirnya fira en hypnobirthing (testimoni yg kutulis buat mba Evariny)

—-

Ami kan baru kenal hb pas hamil trimester 3
waktu menjelang trimester 3 lagi mulai panik2nya karena bntr lagi lahiran, mulai dari mikir ntr lahiran mo normal apa sc, sampe parno sakit lahiran hehe, jd tmbah moody banget wkt itu..
suatu hari aku baca buku hb nya mba Eva en ikut talk show nya di GI, ditambah dorongan besar dari suami untuk ikut pelatihan nya sbg persiapan mental..
akhirnya ikut d hehe
latihan 1 dan 2 masi gt aja blm pede
latihan 3 alhmdlh dah bulat tekad buat lahiran normal en pasti bisa jalanin proses nya nanti hehehee
pas hari H,, sorenya aku masi jalan2 tu deket2 rumah pas 37-38w kehamilannya, sempet kluar flek pas lg jalan2 itu, tp aku masi santai..

ternyata malemnya sktr stgh 10 malem pas mau tidur, tiba2 pecah ketuban, kaget jg, untung tas udah siap, suami lgs siap2 ke rs sama mama jg, aku masi santai jg sms an ama dokterku yg nyuru ke rs jg

sampe di rs kira2 jm 10 malem baru mulai kerasa dikit kram ky mau haid..
sampe ugd diperiksa suster, ternyata baru bukaan 1 jd disuru istirahat di tempat tidur karena khawatir air ketuban keluar terus klo jalan2..

aku kembali mendengarkan cd relaksasi seperti yg tiap hari kulakuin sejak ikut pelatihan hehehe.. sambil ditemenin suami
trus masuk ruang perawatan, disana ditemenin mama en suami jg
waktu di ctg ternyata kontraksi udah 5 menit skali, alhamdulilah aku blm bgtu merasa kontraksi sesering itu
kemudian sampai jam 12 malam mulai terasa d kontraksi yg teratur, tp aku tetap berusaha rileks dengan tarik nafas teratur dan pasrah sama tubuh yg bekerja karena aku yakin persalinan yg kuhadapi adalah proses yg alami jd biarlah tubuh yg mngaturnya, aku hanya membantu mempercepat proses itu dengan rileks selalu, aku jg bayangin klo rileks bukaan persalinan jd cepet dengan bayangin mulut rahim membuka dengan cepat seiring rileksnya diriku hehe sambil ajak obrol anakku klo bntr lagi uda mau ketemu wkkkk, waktu dicek ternyata itu bukaan 2 longgar mau 3, suster bilang akan periksa lagi besok pagi karena ga bole sering2 dicek klo ud pecah ketuban karena rawan infeksi

sejak itu kontraksi mulai terasa sering tp klo aku bilang sakitnya sih masih tolerable, sepanjang kontraksi terus nafas panjang teratur dipandu suami sambil obrol2 klo ternyata bentar lagi Fira udah mau lahir jd lebih excited daripada ngerasain kontraksi..

menjelang jm 2 pagi kontraksi terasa terus menerus jd akhirnya dipanggil lg d susternya hehe
ternyata udah bukaan 8, ga disangka scpt itu, trus suster siap2 bawa aku ke ruang bersain dan telp dokter
di jalan ke ruang bersalin, tau2 mau disuntik, aku hampir protes karena mau persalinan yg sealami mgkn,, tp kata suster ini untuk mengurangi rasa sakit, jd aku pasrah aja, ternyata ketika dokter dtg dia bilang pembukaan terlalu cepat beresiko pendarahan ketika lahiran jd dkasi suntikan perlambat kontraksi..

sejak itu aku jarang skali merasa kontraksi, jam 3 pagi bukaan lengkap, tapi blm mulas sama sekali..
dokter ud berpesan klo mulas lgs mengejan aja, tp tak kunjung berhasil, tiap mulas dikit trus mengejan tp mulas lgs hilang lagi,, aku diinfus untuk jaga2 klo pendarahan, trus diinduksi jg, tpi ga kunjung mules,, udah coba posisi miring kiri kanan, jongkok dgn susah payah karena sambil diinfus 😦
tetep ga mules, sampe suster yg nemenin jg bingung karena aku masi sempet senyam senyum en ngobrol sama suami,,
bukaan lengkap udah hampir 3 jam blm mules jg akhirna dokter nawarin vakum, karena udah di ruang bersalin hampir 4 jam.. jd aku setuju aja supaya cepet hehhee

nahh pas divakum ini dokter bilang ntr bantu dorong ngejan skuat tenaga,,, naahh baru dehh teriakkk soalnya sakit bgt divakum untungnya cm 1-2 menit terus Fira lahir, ilang de sgala sakit vakum itu.. mgkn karena bukan proses alami ya mana disuru ngejan tanpa mules pula :((

tapi alhamdulillah smuanya sudah terlewati dengan sehat dan selamat, Raissa Saphira Raharjo lahir 6 maret 2010 jam 6 pagi, melalui proses persalinan dari bukaan 1 hingga lengkap selama 5 jam yg cukup cepat untuk anak pertama..ditambah 3 jam bukaan lengkap yg tak kunjung mules hehe, total nya 8 jam sampe Fira lahir ^__^

—-

btw proses persalinan anak pertama itu bukaan 1-2 bs berhari2, beda2 jg tiap orang, mulai bukaan 3-10 biasanya lebih cepat, normalnya 1 jam tiap bukaan untuk anak pertama, trus kelahiran bayi en plasenta, bgitu de

jadinya klo yg kurasakan nih manfaat hypno nya lebih ke rasa tenang en selalu positive thinking 🙂 supaya persalinan cepat dan lancar,,, 🙂

 
3 Comments

Posted by on October 8, 2010 in Our Days

 

Tags: , ,