RSS

Tag Archives: hypnobirthing

lahirnya fira

wuaaa lama bener baru posting lagiii uehueheuue, ternyata punya bebi itu sangat menyita waktu sampe2 emaknya jarang ngeblog lagi hhahaaha

berikut cerita lahirnya fira en hypnobirthing (testimoni yg kutulis buat mba Evariny)

—-

Ami kan baru kenal hb pas hamil trimester 3
waktu menjelang trimester 3 lagi mulai panik2nya karena bntr lagi lahiran, mulai dari mikir ntr lahiran mo normal apa sc, sampe parno sakit lahiran hehe, jd tmbah moody banget wkt itu..
suatu hari aku baca buku hb nya mba Eva en ikut talk show nya di GI, ditambah dorongan besar dari suami untuk ikut pelatihan nya sbg persiapan mental..
akhirnya ikut d hehe
latihan 1 dan 2 masi gt aja blm pede
latihan 3 alhmdlh dah bulat tekad buat lahiran normal en pasti bisa jalanin proses nya nanti hehehee
pas hari H,, sorenya aku masi jalan2 tu deket2 rumah pas 37-38w kehamilannya, sempet kluar flek pas lg jalan2 itu, tp aku masi santai..

ternyata malemnya sktr stgh 10 malem pas mau tidur, tiba2 pecah ketuban, kaget jg, untung tas udah siap, suami lgs siap2 ke rs sama mama jg, aku masi santai jg sms an ama dokterku yg nyuru ke rs jg

sampe di rs kira2 jm 10 malem baru mulai kerasa dikit kram ky mau haid..
sampe ugd diperiksa suster, ternyata baru bukaan 1 jd disuru istirahat di tempat tidur karena khawatir air ketuban keluar terus klo jalan2..

aku kembali mendengarkan cd relaksasi seperti yg tiap hari kulakuin sejak ikut pelatihan hehehe.. sambil ditemenin suami
trus masuk ruang perawatan, disana ditemenin mama en suami jg
waktu di ctg ternyata kontraksi udah 5 menit skali, alhamdulilah aku blm bgtu merasa kontraksi sesering itu
kemudian sampai jam 12 malam mulai terasa d kontraksi yg teratur, tp aku tetap berusaha rileks dengan tarik nafas teratur dan pasrah sama tubuh yg bekerja karena aku yakin persalinan yg kuhadapi adalah proses yg alami jd biarlah tubuh yg mngaturnya, aku hanya membantu mempercepat proses itu dengan rileks selalu, aku jg bayangin klo rileks bukaan persalinan jd cepet dengan bayangin mulut rahim membuka dengan cepat seiring rileksnya diriku hehe sambil ajak obrol anakku klo bntr lagi uda mau ketemu wkkkk, waktu dicek ternyata itu bukaan 2 longgar mau 3, suster bilang akan periksa lagi besok pagi karena ga bole sering2 dicek klo ud pecah ketuban karena rawan infeksi

sejak itu kontraksi mulai terasa sering tp klo aku bilang sakitnya sih masih tolerable, sepanjang kontraksi terus nafas panjang teratur dipandu suami sambil obrol2 klo ternyata bentar lagi Fira udah mau lahir jd lebih excited daripada ngerasain kontraksi..

menjelang jm 2 pagi kontraksi terasa terus menerus jd akhirnya dipanggil lg d susternya hehe
ternyata udah bukaan 8, ga disangka scpt itu, trus suster siap2 bawa aku ke ruang bersain dan telp dokter
di jalan ke ruang bersalin, tau2 mau disuntik, aku hampir protes karena mau persalinan yg sealami mgkn,, tp kata suster ini untuk mengurangi rasa sakit, jd aku pasrah aja, ternyata ketika dokter dtg dia bilang pembukaan terlalu cepat beresiko pendarahan ketika lahiran jd dkasi suntikan perlambat kontraksi..

sejak itu aku jarang skali merasa kontraksi, jam 3 pagi bukaan lengkap, tapi blm mulas sama sekali..
dokter ud berpesan klo mulas lgs mengejan aja, tp tak kunjung berhasil, tiap mulas dikit trus mengejan tp mulas lgs hilang lagi,, aku diinfus untuk jaga2 klo pendarahan, trus diinduksi jg, tpi ga kunjung mules,, udah coba posisi miring kiri kanan, jongkok dgn susah payah karena sambil diinfus 😦
tetep ga mules, sampe suster yg nemenin jg bingung karena aku masi sempet senyam senyum en ngobrol sama suami,,
bukaan lengkap udah hampir 3 jam blm mules jg akhirna dokter nawarin vakum, karena udah di ruang bersalin hampir 4 jam.. jd aku setuju aja supaya cepet hehhee

nahh pas divakum ini dokter bilang ntr bantu dorong ngejan skuat tenaga,,, naahh baru dehh teriakkk soalnya sakit bgt divakum untungnya cm 1-2 menit terus Fira lahir, ilang de sgala sakit vakum itu.. mgkn karena bukan proses alami ya mana disuru ngejan tanpa mules pula :((

tapi alhamdulillah smuanya sudah terlewati dengan sehat dan selamat, Raissa Saphira Raharjo lahir 6 maret 2010 jam 6 pagi, melalui proses persalinan dari bukaan 1 hingga lengkap selama 5 jam yg cukup cepat untuk anak pertama..ditambah 3 jam bukaan lengkap yg tak kunjung mules hehe, total nya 8 jam sampe Fira lahir ^__^

—-

btw proses persalinan anak pertama itu bukaan 1-2 bs berhari2, beda2 jg tiap orang, mulai bukaan 3-10 biasanya lebih cepat, normalnya 1 jam tiap bukaan untuk anak pertama, trus kelahiran bayi en plasenta, bgitu de

jadinya klo yg kurasakan nih manfaat hypno nya lebih ke rasa tenang en selalu positive thinking 🙂 supaya persalinan cepat dan lancar,,, 🙂

Advertisements
 
3 Comments

Posted by on October 8, 2010 in Our Days

 

Tags: , ,

hypno latihan 2

latihan kedua ini, belajar teknik relaksasi lanjutan dan pendalaman relaksasi, kaka dikasi notes isinya kata2 untuk gantiin peran therapist selama bantu gw relaksasi di rumah atau di rs nanti ^_^

jg belajar visualisasi ttg tempat kesukaan kita en merasakan keberadaan kita di tempat tsb, latihan ideo motor en gue gagal dengan sukses, menurut mb eva, aura gw masi tipis banget, gw masi banyak stress yg mgkn karena gw blm percaya 100% en yakin ama metode ini dan masi takut rasa sakit persalinan, so gw musti yakin untuk bisa pake metode ini dalam persalinan nanti, musti rajin2 latihan relaksasi terus menerus supaya gw jg bisa menyalurkan energi ke tubuh gw, dan karena itu jg latihan komunikasi gw ama janin jd terganggu karena gw ga ckp dapet energi karena tertahan ama stress gw itu >__< hiikz,, iya emg gw masi parnooo en takuut banget ngerasain sakit, latihan relaksasi terakhir hari ini mayan bikin rileks tp gw masti harus meyakinkan diri gw klo gw pasti bisa!!

akhirnya latihan ke3 gw yg dijadwal 20 feb dimajuin jd awal feb untuk liat perkembgan gw apakh diperlukan terapi tambahan atau ngga, en gw jg musti cari2 info ttg EFT (emotional freedom technique) smacem akupuntur yg bisa dilakuin sendiri untuk menenangkan diri dari stres en depresi.. hooh

wish me luck ya.. >_<

 
Leave a comment

Posted by on January 18, 2010 in Our Days

 

Tags: ,

hypno latihan 1

sabtu kmarin, adalah hari latihan hypnobirth yg pertama ama mb eva di gading jm 3 sore 🙂

pas kesana, ckp sempet nyasar dengan sukses >__< kaka smpet ngomel2 en gw sempet bilang duh gue kynya ga mo kesini lagi deh *dgn ksal* maklum kita emg jarang beredar di daerah utara dsk, jd biasa cmn di daerah tempat tinggal kami di perbatasan jkt barat-pusat-selatan, terutama gw lbih hafal daerah selatan, depok, serpong karena sering berurusan ke arah sini 😀

ok, akhirnya kita sampe jg di rumah mb eva, disambut dengan ramah sama mb eva en lgs kita masuk ke ruang praktek hypnobirth nya, suasanya tenang dan nyaman,, akhirnya kita bs fokus belajar hal baru hari itu yaitu hypnobirthing, awalnya gw disuru isi form skala distress en curhat2, abis itu dikenalin materi hypnobirth (hb), en kegunaan2nya, klo ikutin metode ini insylh persalinan bs berjalan dengan nyaman, tenang, dan mgkn tidak perlu obat2 bius 🙂

abis itu belajar teknik sugesti, trus latihan fokus pake pendulum, terakhir latihan relaksasi, abis itu rasanya seger en rileks banget, kaka jg ikut rileks en pulang dari sana lebih tenang en tambah sayang tentunya ^_^ maklum bumil kan emosinya gak stabil, trus calon papa bayi jg kadang2 stres jg kli ya, jd perlu nih sering2 latian relaksasi 🙂

gw jg curhatin apa yg paling ditakutin, misalnya gue paling takut sama ruang bersalin yg spooky dan liat alat2 bersalin yg tajam karena takut akan menyakitkan dan itu bikin gw ga bs rileks en jadi tegang, akhirnya mb eva minta gw emailin hal2 yg membuat gw takut, trus di pertemuan selanjutnya mgkn akan lebih diterapi kesana, jg persiapan suami untuk bantu istrinya ini hehe, ky pijat endorphin dan kata2 yg boleh dan tidak diucapkan nanti, smua hal musti diucapkan positif, hilangkan negativitas dalam diri 🙂

intinya banyak2 relaksasi dan berfikiran positif yg dimasukkan ke alam bawah sadar kita, karena alam bawah sadar kita menguasai 88% tubuh kita, semntar alam sadar cuman 12% dan ketika kita rileks, pintu alam bawah sadar kita akan terbuka en musti dimasukin hal2 yg positif dan keluarkan yg negatif2, jadi musti pinter saring2 info yg masuk ke dalam diri kita gitu la intinya

mggu depan jadwal latihan ke 2 gw, untuk latihan ke 3 nanti klo dah week 36 kata mb eva 🙂

yuk ayuk seirng2 latihan fokus dan relaksasi, buang semua yg negatif 🙂

saran dari mb eva jg agar gw survey2 tempat melahirkan yg nyaman bagi gw untuk membantu menghilangkan phobia jg, meski rs-nya ga deket dari rumah yg penting nyaman bagi gw dan tidak menakutkan,, lagipula tanda mo lahiran sejak keluar flek ampe lahiran beneran itu masi cukup lama waktunya jd dont worry ama jarak rs

——–

sampe rumah gw en kaka cmn mikir rs yg nyaman itu di rsia tambak, tempatnya ga terlalu besar, ga spt rumah ‘sakit’ tp homy banget, ruangan2nya dihiasi wallpaper warna lembut yg tdk nyeremin, alat2nya canggih, dokter2nya bagus, kebetulan di hamil pertama sempet 2x kesini, cmn emg agak sulit jalur ke arah sini puter2 arahnya, letaknya di manggarai, deket matraman gt, ga jauh sih, cmn agk ribet hehe.. di rsia itu jg pro-asi, IMD, bisa normal+ILA jg, lengkat banget deh hehe yg pasti ga spooky!

 
2 Comments

Posted by on January 11, 2010 in Our Days

 

Tags: ,

hypnobirthing

Selamat tahun baru Hijriah 1431 yahh 😉

setelah menyelesaikan baca buku ‘melahirkan tanpa rasa sakit’ nya Evariny A., gw masih belum yakin apakah nanti gw akan berencana untuk menjalani persalinan normal atau normal+epidural/ILA.. tentu saja masih takut ama ‘apakah gue akan tahan ama rasa sakit nya?’, ‘apakah gue bnr2 bisa men-sugesti pikiran gue untuk meminimalisir rasa sakit?’, ‘apakah gue bisa tenang masuk ruang persalinan dalam keadaan sadar?’, ‘apakah gue akan tahan liat darah dan perlengkapan persalinan?’ dll dsb, jg ada opsi bedah caesar, tp itu jg ga terlalu lebih baik dilihat dari ‘penderitaan’ pasca persalinan dan komplikasi yg mungkin menyertainya,, selain itu dokter gw ini pro-normal, makin dilematis lah.. tapi tetep aja gimanapun yg akan terjadi pas persalinan nanti gue tetep HARUS siap bukankah??? -siap mental dan fisik tentu saja-

kemarin kebetulan ada talkshow nya hypnobirthing oleh pembicara mbak Evariny ini di Gramedia GI yg kebetulan lg diskon 30% jg tuh (ampe 25 des), awalnya dengan niat-dateng-ga-dateng-ga.. akhirnya gue en kaka memutuskan buat dengerin aja,, lagian GI deket ini, cmn 15 menit dari rumah…

sampe sana karena blom mulai, gue mulai ngisi waktu dalem gramed liat2 planner 2010 emg niat pengen beli tp ilfeel liat antrian panjang en bikin kepala gue pusing saking byknya orang,, alhasil gue kembali ke area talkshow yg ternyata udh mulai (dari jm 2 sore ampe setengah 4)

sampe saat mo ikt talkshow, di otak gue masih berniat 80% klo gue mo lahiran normal dengan bius epidural/ILA! tp gue tetep dengerin acara itu sampe selesai.. 🙂

well,, perlahan2 cara pikir gue berubah,,

gw amazed dengan pengalaman2 ibu2 yg berhasil praktekin hypnobirthing en tetap tenang en berkomunikasi dekat dengan anak dalam kandungannya sampe saat2 terakhir mereka berjuang bersama.. so sweet.. en gue jg berpikir klo mereka bisa, mustinya gue jg bisa..

akhirnya saat2 akhir gue sempet dapet kesempatan untuk bertanya, en gue cmn bilang klo gw kebetulan udh baca bukunya en gue masi belum yakin gue bisa jalaninnya karena emosi gw yg masi sangat labil selama kehamilan ini,,, apakah ada tips2 yg bs gue lakukan? mbak eva cmn bilang klo org beda2 ada yg baca buku udha cukup buat praktekin en ada jg yg perlu pelatihannya, en dia suggest gue buat ikut pelatihannya..

semua berawal dari niat tentu saja..

kali ini suami tercinta sangat mendukung gue untuk mengikuti pelatihan ini, kata dia apa pun yg terjadi nanti, meski caesar adalah opsi terakhir, hal ini akan berguna buat gue en baby, untuk terus positive thinking dan selalu rileks.. akhirnya terdorong dengan niat suami gue itu, akhirnya gue putuskan oke, gue akan mencoba sebisa gue untuk jalanin pelatihan demi persalinan normal dan lancar, tanpa komplikasi, dengan pikiran selalu positif dll.. ini untuk kebaikan gue dan si baby jg, akhirnya gue berfikir ini mungkin cara yg terbaik bagi gue untuk mempersiapkan kelahiran si buah hati kami, ada pepatah alah bisa karena biasa kan hehehe,,,(hal ini jg setuju dengan ajaran buku the secret kata mba Eva-yg kebetulan baru aja gw kelarin bacanya :D)

kmarin jg belajar fokus pikiran ke pendulum, jg gue dapetin voucher konsultasi gratis ama mbak Eva senilai 150rb, untuk 3 pelatihan berikutnya paket 600rb, tempatnya di rumah mba Eva dengan perjanjian, di daerah Gading, sempet gue bilang ama kaka, tapi pelatihannya jauh di Gading 😦 trus kaka cmn bilang ah cuman Gading, kan deket dari tempat dr Harjono di Pulomas.. ok deh,, akhirnya gue setuju dengan niatan ikut pelatihan ini…

dalam brosurnya:

Konsultasi: evaluasi client, evaluasi skala distress, evaluasi kebutuhan hypnobirthing, perkenalan singkat hypnobirthing

Pelatihan 1: perkenalan hypnobirthing (pendalaman), penjelasan proses kehamilan, penjelasan teknik relaksasi, penyesuaian sugestibilitas, penyesuaian afirmasi/sugesti, dan latihan relaksasi

Pelatihan 2: teknik relaksasi lanjutan, pendalaman relaksasi (deepening), visualisasi (tgt subjek), latihan ideo motor, komunikasi dengan janin, dan latihan relaksasi (deepening)

Pelatihan 3: persiapan persalinan dengan hypnobirthing, senam kegel, perineum massage, endorphin massage, hypnoanesthesia & hypnoanalgesia, penyaluran cinta kasih pada janin, dan latihan hypnobirthing (deepening)

dianjurkan ikutin pelatihan ini ama suami jg, ini sistem privat gt, ntr klo pas mo ngelahirin kan peran suami sangat banyak misalnya pijat endorphin hehe.. biar si mama bayi gak stress ^_^

anyway ga ada kata terlambat untuk berlatih relaksasi, sebaiknya dari awal kehamilan, tapi saat udah mau ngelahirin jg bisa asal niatnya kuat..

kelar talkshow, trus solat, en makan di resto warung podjok, rekomen bgt ya ini tempat hehe.. gw makan gado2, en kaka makan nasi bakar,, abis itu lgs pulang karena gue capek banget.. :p

semoga gue bisa jalanin yaaa, keep positive thinking, en latihan relaksasi teruss jg komunikasi ama baby nyaa yaaa ^_^

 
4 Comments

Posted by on December 19, 2009 in Our Days

 

Tags: